IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Jamaah Salat Id Lapangan Merdeka Mencapai Puluhan Ribu, Begini Persiapan Panitia

Keterangan daerah area pelaksanaan Salat Id di Lapangan Merdeka dan sekitarnya. (dok. Panitia)

IDCFM.NET, Balikpapan—Berbagai persiapan dalam rangka Salat Id 1440 Hijriah di Lapangan Merdeka terus dimatangkan. Sejak Ahad panitia mulai mematok tali saf di Lapangan Merdeka. Adapun pada lapangan satu untuk jamaah perempuan dan lapangan dua untuk jamaah laki-laki. Tenda mimbar, fasilitas tempat berwudhu dan spanduk berupa seruan untuk salat Id di Lapangan Merdeka juga mulai dipasang oleh panitia.

“Alhamdulillah kita disupport oleh perusahaan Pertamina RU V seperti soundsystem, tempat berwudhu dan sebagainya,” ujar Nasrullah—Anggota Sekretariat Masjid Istiqamah Pertamina Balikpapan pada Senin (04/06/2019).

Diprediksi jamaah salat Id Lapangan Merdeka mencapai 10.000 orang lebih. Sehingga antisipasi dari segi keamanan dan keselamatan juga menjadi pertimbangan panitia.

Nasrullah mengatakan Pertamina juga menurunkan 24 sekuritinya untuk turun menjaga kondusifitas selama kegiatan salat Id berlangsung, ditamnah dengan 12 sekuriti Masjid Pertamina dan lima orang petugas kepolisian. Selain itu, Poliklinik Ibnu Sina dan Rumah Sakit Pertamina Balikpapan juga menyatakan kesiapan dalam menyediakan satu ambulance bersama petugas medis masing-masing selama kegiatan salat Id.

“Ambulance ini nanti ada di titik-titik berbeda. Ambulance RSPB dekat bundaran Tugu Australia dan Ambulance Ibnu Sina depan Masjid Istiqamah. Nanti jamaah yang rentan akan kami arahkan salat dekat fasilitas kesehatan tersebut untuk mempermudah jika terjadi sesuatu,” kata Nasrullah.

Kesiapan dari segi ketertiban parkir kendaraan, kata Nasrullah, terdapat delapan area yang direkomendasikan oleh panitia. Untuk parkir mobil akan diarahkan ke Halaman Parkir RSPB, Halaman Parkir PWP dan Mess Pantai, Jalan Depan Sekolah KPS/ PD, Halaman Parkir Banua Patra, Lapangan Tiga, Lapangan Samping Softball, Sekitar Kebun Bunga dan Jalan Masjid IStiqamah dan SDIT-SMPIT Istiqamah.

“Dari delapan titik itu hanya tiga yang untuk parkir motor yaitu di halaman parkir banua patra, lapangan tiga dan lapangan samping softball. Sementara untuk di halaman masjid sendiri kita prioritaskan dulu untuk kendaraan panitia dan pejabat seperti walikota beserta jajarannya dan dari pertamina. Selebihnya kita liat kondisi nanti,” kata Nasrullah menjelaskan.

Nasrullah—Anggota Sekretariat Masjid Istiqamah Pertamina Balikpapan

Kegiatan salat Id di Lapangan Merdeka akan diisi khutbah oleh Uztad KH. Zainuddin Musaddad- DPP Hidayatullah Jakarta. Sementara Imam Salat Id adalah Syaikh Abdul Qawiy Al- Arghali- asal Negara Yaman. Kegiatan dimulai pada jam 07:15 waktu setempat.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi beserta keluarga, dijadwalkan akan mengikuti Salat Id di Lapangan Merdeka. Termasuk GM Pertamina RU V Balikpapan dan GM Pertamina MOR VI Kalimantan.

Mengenai kondisi cuaca yang belakangan ini dilanda hujan, Nasrullah mengaku sudah menyiapkan Masjid Istiqamah sebagai alternatife kedua. Hanya saja karena keterbatasan, kegiatan salat Id di masjid akan dilangsungkan sebanyak dua kali.

“Kapasitas masjid sekitar 3500 an orang. Sementara jamaah yang salat di lapangan mencapai 10 ribu. Sebelumnya pernah juga salat Id di masjid itu kita dua kali,” ujarnya.

Nasrullah menghimbau jamaah agar setiap sunah-sunah dalam Salat Id dilaksanakan. Diantaranya menuju tempat salat dan pulang melalui jalan yang berbeda. Sepanjang perjalanan terus menerus melantunkan talbiyah. Setibanya di lokasi salat, jamaah langsung duduk mengisi saf yang masih kosong tanpa perlu lakukan salat sunah. Jika kegiatan salat belum berlangsung, jamaah tetap melantunkan talbiyah.

“Serta kami harapkan ini moment yang tepat untuk berinfak. Maka jamaah siapkanlah infak terbaik. Infak terbaik itu ketika kita keluarkan terasa berat karena ada pengorbanan disitu. Namun ketika kita mengeluarkan akan muncul rasa senang dari yang berinfak. Itu lah yang kami himbau kepada kaum muslimin Balikpapan,” kata Nasrullah.

“Terakhir mari ikuti salat Id karena ini sifatnya fardu ain dan hanya dua kali dalam satu tahun,” ujarnya menambahkan. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme