IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Loket Penukaran Uang Resmi Hadir di Balikpapan Permai. Catat Jadwalnya

Mobil kas keliling yang melayani penukaran uang di Lapangan Parkir Balikpapan Permai

IDCFM.NET, Balikpapan–Dalam rangka memenuhi kebutuhan uang kecil masyarakat, Kantor Perwakilan Bank Indonesia dan perbankan menggelar Penukaran Bersama pada tanggal 25 Mei 2019 di Lapangan Parkir Balikpapan Permai. Penukaran. Kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Balikpapan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

‘Secara garis besar kegiatan ini sama seperti penukaran di Kas Keliling Bank Indonesia dan perbankan, namun pada kegiatan ini seluruh perbankan yang melakukan kas keliling melakukan penukaran secara bersama-sama,” kata Bimo Epyanto- Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan.

Tercatat ada delapan yang mengikuti program ini  yaitu Bank Indonesia, Bank Kaltimtara, Bank Kaltimtara Syariah, bank Mandiri, Bank BRI, BNI, BJB dan Maybank.

Bank Indonesia dan perbankan telah menyiapkan modal sebanyak 3.22 Miliar uang pecahan kecil untuk kegiatan penukaran bersama ini dengan rata-rata setiap bank mempersiapkan 390 juta rupiah. Selanjutnya, masyarakat bisa melakukan penukaran secara tunai maupun non tunai di kegiatan penukaran bersama ini khusus untuk pemilik kartu Bank Mandiri, Bank BRI dan BNI.

“Mengingat kebutuhan masyarakat cukup tinggi, maka Bank Indonesia menggunakan paket maksimal penukaran sebesar Rp3.900.000 yang terdiri atas Rp2.000.000 uang rupiah pecahan Rp20.000, Rp1.000.000 uang rupiah pecahan Rp10.000, Rp500.000 uang rupiah pecahan Rp5.000, Rp400.000 uang rupiah pecahan Rp2.000,” ujar Bimo menyebutkan.

Adapun penukaran di Lapangan Parkir Balikpapan Permai akan berlanjut pada tanggal 27 sampai dengan 29 Mei pukul 09.30-12.00 WITA yang dilayani 2 bank dengan jadwal sebagai berikut:
• 27 Mei 2019 : Bank Indonesia dengan BPD Kaltimra
• 28 Mei 2019 : Bank Indonesia dengan BNI
• 29 Mei 2019 : Bank Indonesia dengan BRI

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan penukaran di outlet penukaran yang resmi dan menghindari melakukan penukaran pada jasa penukaran yang berada di pinggir jalan. Serta selalu cermat dan teliti dalam menerima uang hasil penukaran terutama jika menggunakan layanan penukaran yang tidak resmi (bukan dari Bank Indonesia atau Perbankan) untuk mengantisipasi beredarnya uang palsu,” kata Bimo mengingatkan.

Bimo juga mengimbau masyarakat menjaga uang rupiah dengan cara lima J yaitu Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distaples, Jangan Diremas dan Jangan Dibasahi. Selain itu, untuk menghindari risiko membawa uang tunai dalam jumlah besar, masyarakat diharapkan untuk menggunakan alat pembayaran non tunai baik APMK (alat pembayaran menggunakan kartu) maupun uang elektronik dalam bertransaksi khususnya selama periode Ramadhan dan Hari Raya Idhul Fitri 2019. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme