IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Penumpang Diprediksi Melonjak, Pelni Gratiskan 40 Kg Bagasi

IDCFM.NET, Balikpapan—Pada Ramadhan 1440 Hijriah/ 2019, peak season atau musim padat penumpang kapal PT Pelayaran Indonesia (Pelni) dari pelabuhan Balikpapan dimulai pada Selasa (21/05/2019). Peak season diprediksi berlangsung sampai dengan empat Juni 2019, dengan penumpang terbanyak adalah tujuan Surabaya.

Yohanis Banne—Kepala Cabang PT Pelni Balikpapan

Pelni tambah tiga kapal untuk antisipasi meningkatnya jumlah penumpang, sehingga total ada lima kapal yang digunakan untuk mengangkut penumpang mudik selama dua minggu tersebut. Adapun rute tujuan kapal pelni yang berangkat dari Balikpapan diantaranya Surabaya dan Makasar. Tidak ada rute tambahan edisi mudik tahun ini dan hanya ada tambahan jadwal rute saja.

“Kami jadwalkan peak season selama dua minggu. Tujuan terbanyak Surabaya ada lima kali berlayar, karena penumpang terbanyak disitu,” kata Yohanis Banne—Kepala Cabang PT Pelni Balikpapan pada Senin (20/05/2019).

Harga tiket pesawat yang masih tergolong mahal, diyakini Yohanis akan berimbas pada jasa angkutan laut yang harga tiket penumpang masih terjangkau.

Ia prediksi penumpang kapal Pelni meningkat sebesar 10 persen dari hari-hari biasa atau low season. Seperti pengalaman dua tahun sebelumnya. Pada 2017 pemudik yang mengunakan jasa Kapal PT Pelni sebanyak 24.000; tahun 2018 jumlah pemudik sekitar 29.000 penumpang. Tahun ini Yohanis prediksi penumpang tembus mencapai 30 ribuan. Tingginya permintaan penumpang , kata Yohanis, Kementrian Perhubungan mengizinkan pengusaha kapal menambah jumlah kursi dengan catatan menyesuaikan kemampuan unit kapal tersebut.

“Jumlah kursi tambahan ini variasi. Misalkan nanti Tarakan 3000 penumpang, kemudian ada yang turun di Balikpapan 1500. Berarti lanjutan tujuan kita jual lagi 1500. Kita jual sesuai kapasitas penumpang,” ujarnya meyakinkan.

Untuk arus balik, PT Pelni prediksi lonjakan penumpang dimulai pada enam Juni 2019 sampai dengan 21 Juni 2019.  Yohanis juga menghimbau calon penumpang untuk membeli tiket jauh-jauh hari agar tidak kehabisan.

“Kalau di Pelni yang tidak kategoripenumpang usia 23 bulan. Kalau sudah usia 24 bulan kita anggap penumpang dewasa sehingga bayarnya penuh,” katanya lagi.

Perusahaan  Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini juga berlakukan batasan bagasi bagi seluruh penumpang, yaitu maksimal 100 Kg. Dengan ketentuan bagasi gratis 40 Kg dan 60 Kg dikenakan biaya per kilo gram.

Bagi penumpang dengan bagasi berlebih dipersilakan mengirimkanmelalui jasa pengiriman atau bisa juga memanfaatkan promo red pack PT Pelni. Biaya yang dibebankan ke penumpang bervariasi tergangung lokasi tujuan.

“Jangan salah itu 40 Kg barang bawaan. Kalau misalnya satu keluarga lima penumpang terus barangnya ditumpuk satu koli besar tidak seperti itu. Karena ini kapal penumpang, bukan untuk membawa barang dagangan,” ujarnya lagi.

Nama-nama Kapal PT Pelni diantaranya KM. Lambelu; KM. Bukit Siguntang; KM. Sinabung; KM. Labobar dan KM. Nggapulu. (Imy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme