IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Kid’s Corner Masjid Istiqamah, Solusi Taraweh Tanpa Was-was Membawa Anak

Saya kak?!: Antusias anak-anak asuh ketika kakak asuh melemparkan pertanyaan. Yang menjawab dengan tepat dapat hadiah berupa Snack.

IDCFM.NET, Balikpapan– Ingin salat taraweh dengan khusyuk dan tidak was-was ketika membawa anak?! Masjid Istiqamah Pertamina jawabannya.

Masjid di bawah binaan Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina ini inisiatif menyediakan Kid’s Corner selama ibadah salat taraweh berlangsung. Sehingga bagi orang tua yang membawa anak, bisa menitipkan anak mereka di Kid’s Corner tersebut sehingga tetap dalam pengawasan.
“Kid’s Corner ini sudah ada dari Ramadhan hari pertama. InshaAllah sampai Ramadhan terakhir Kid’s Corner ini tetap ada,” ujar Irfan Dika- Anggota Korps Remaja Madinatul Iman (KORMI) Masjid Istiqamah Pertamina Balikpapan yang bertugas di kids corner.
Kid’s Corner spesial Ramadhan ini mulai dibuka ba’da salat Isa sampai dengan ibadah salat witir selesai.  Kid’s Corner berada di ruang serbaguna, yang mana kesehariannya digunakan untuk kegiatan paud dan menjadi tempat kegiatan dan pelatihan keagamaan.

Anak asuh di Kid’s Corner Masjid Istiqamah, juga disuguhkan mainan edukatif, susun balok.

Kid’s Corner ini diasuh oleh Korps Remaja Masjid Istiqamah (KORMI) yang berjumlah tiga sampai lima orang. Mereka dengan sukarela mengasuh puluhan anak-anak yang rata rata berusia Balita sampai dengan delapan tahun. Ruangan Kid’s Corner dibagi dua sehingga putra dan putri diruang berbeda.

“Alhamdulillah setiap hari anak-anak yang dititipkan disini sampai 30 kalau akhir pekan lebih banyak lagi. Daripada mereka diluar lari-lari kita siapkan ruangan ini untuk mereka berekspresi,” kata Irfan seraya tersenyum.
Kata Irfan disini anak-anak bisa menyalurkan kesenangannya dalam bermain. Anak-anak juga disuguhkan cerita bernilai religi dan menginspirasi, sehingga diharapkan mempertebal keimanan dan meningkatkan akhlak dari sang anak.
Suguhan cerita bisa berupa pemutaran film kisah nabi-nabi Allah SWT. Sesekali anak-anak juga mendengarkan kakak-kakak asuh bercerita. Agar tidak bosan anak-anak juga diajak bermain “pesan berantai” dan tebak-tebakan.
Ada juga disiapkan mainan seperti pelosoran, ayunan, balok susun plastik dan disiapkan juga kertas dan krayon untuk mewarnai.
“Masuk ke Kid’s Corner ini gratis kok. Bahkan kita selingi kuis seperti hapalan surah Al-Qur’an atau pertanyaan seputar kisah yang baru saja ditayangkan atau diceritakan. Yang bisa menjawab kita beri snack untuk memotivasi yang lainnya,” katanya lagi.
Ibu Eka, jamaah salat taraweh Masjid Istiqamah, mengaku terbantu dengan adanya Kid’s Corner. Ibu Eka merupakan warga Balikpapan Utara namun memilih berbuka puasa dan lanjut salat taraweh di Masjid yang berada di Balikpapan Kota.
Ia beralasan, pada masjid dekat tempat ia tinggal anaknya kerap ditegur jamaah masjid karena bermain dan berlari-lari di dalam masjid bersama teman-temannya. Sehingga jamaah merasa terganggu dengan suara anak-anak tersebut.
“Di dekat rumah saya ada masjid tapi namanya anak saya masih enam tahun usia bermain memang. Saya larang ribut tidak mempan. Akhirnya saya ajak kesini dan dia ternyata senang, ibadah saya juga jadi khusyuk kan,” ujarnya.
Meski disediakan Kid’s Corner beberapa anak lebih memilih dekat dengan orangtuanya dan ada juga yang memilih bermain di dalam masjid dan aula utama masjid. Pada dua titik tersebut anggota KORMI juga siaga dan menjaga dengan ramah anak-anak tersebut agar tetap kondusif ketika ibadah salat berlangsung. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme