IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Sinergi Meraih Berkah Ramadhan Di ITCI Kenangan

Dari kiri: Suaeb Rizal-Koordinator Safari Dakwah Pedesaan; Dr. Hadi Yuniarko-Direktur Poliklinik Ibnu Sina; Kolonel Laut (P) Wahyu Cahyono- Danlanal Balikpapan; Ustad. Mukhlis-Imam Masjid Istiqamah; M. Thoiffin- Ketua DKM Masjid Al Muhajirin; Ustad. Faroki-Koordinator Tebar Da’i Masjid Istiqamah.

 

IDCFM.NET, Balikpapan--Ramadhan saatnya berburu berkah. Karena dibulan penuh rahmat ini, Allah SWT melipatgandakan pahala bagi hambaNya yang taat memenuhi seruanNya.

Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) Istiqamah Pertamina Balikpapan setiap Ramadhan programkan puluhan kegiatan, satu diantaranya Safari Dakwah Pedesaan di masjid-masjid binaan Masjid Istiqamah. Tema Ramadhan yang diangkat tahun ini adalah “Meraih Keberkahan Ramadhan Dengan Iman, Ilmu, Amal dan Harta.”

Ramadhan 1440 Hijriah ini, DKM Istiqamah agendakan Safari Dakwah Pedesaan di 14 titik. Bukan hanya di seputaran Balikpapan melainkan di luar kota yang mengharuskan rombongan kegiatan menyeberangi laut selama satu jam lebih perjalanan demi memenuhi kebutuhan siraman rohani masyarakat setempat.

Seperti pada Sabtu (11/09/2019), rombongan Safari Dakwah Pedesaan bertolak ke Masjid Al- Muhajirin Kenangan, beralamat Jl. ITCI Kenangan, Maridan, Penajam Paser Utara. Perjalanan laut di Teluk Balikpapan dan Teluk Penajam ini memakan waktu satu jam 18 menit dan dilanjutkan perjalanan darat sekitar 20 menit. Imam Masjid Istiqamah didaulat mengisi tausiah jelang berbuka dan jelang taraweh sekaligus menjadi imam salat taraweh di masjid tersebut.

“Dakwah ini kita bukan liat jauh dekatnya. Kebetulan ini jauh karena kita liat itu kepentingan masyarakat. Kebutuhan mayarakat disini yang membutuhkan siraman rohani wasiah agama islam,” kata Suaeb Rizal- Koordinator Dakwah Pedesaan DKM Istiqamah.

Penyerahan cenderamata dari DKM Istiqamah melalui Ustad. Mukhlis.

Kata Rizal menjelaskan, selama 10 tahun Masjid Al-Muhajirin berada dibawah binaan Masjid Istiqamah Pertamina Balikpapan. Masjid yang beralamat Jl, Sport Satu Gn. Dubs Balikpapan ini memiliki program regular berupa tebar da’I satu kali dalam seminggu. Khusus Ramadhan, tebar da’i di Masjid Al- Muhajirin ditingkatkan menjadi tiga kali dalam satu minggu.

“Selain bersafari dakwah, khusus Ramadhan ini DKM Istiqamah kirimkan 16 da’i ke pedesaan di wilayah ITCI dalam rangka mengisi kegiatan dakwah. Termasuk akan kirimkan tiga da’i di ITCI untuk khutbah Idul Fitri,” ujarnya lagi.

Suasana berbeda dibanding tahun sebelumnya. JIka sebelumnya berburu berkah di pedesaan dengan menyewa tugboat, tahun ini panitia ramadhan mendapat dukungan dari Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Balikpapan.

Dibawah komando Komandan Lanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Wahyu Cahyono, S. T, M. M, pangkalan ini meminjamkan satu bis dan satu truk sebagai transportasi darat dari Masjid Istiqamah menuju Pelabuhan Semayang pada jam 14:00 WITA. Perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Lamaru I- 13- 50. Dengan kecepatan rata-rata 25km/ jam, Patkamla mengantarkan sekitar 40 rombongan Safari Dakwah Pedesaan menuju Pelabuhan Tanjung Harapan, Maridan, Penajam dan pada jam 16:08 WITA rombongan tiba di lolasi dakwah.

Patkamla Lamaru I- 13- 50 saat mengangkut sekitar 40 rombongan Safari Dakwah Pedesaan DKM Istiqamah. Dalam kesehariannya kapal ini patroli menjaga keamanan di sekitar perairan Teluk Balikpapan.

“Kebetulan anak saya sekolah di SD Istiqamah. Saat acara kelulusan siswa dari perkumpulan komite sekolah menyampaikan Ramadhan ini Masjid Istiqamah mau safari dakwah ke ITCI. Sehingga saya tawarkan bis, truk dan kapal. InshaAllah kita akan laksanakan terus kedepannya,” ujar Danlanal Wahyu.

Bukan hanya fasilitasi transportasi, namun Lanal Balikpapan juga turunkan tim kesehatannya untuk lakukan periksa kesehatan gratis selama kegiatan Safari Dakwah Pedesaan, bersama dengan Poliklinik Ibnu Sina. Karena dalam Safari Dakwah Pedesaan DKM Istiqamah bersinergi dengan Lanal dan Ibnu Sina dalam aksi sosial Peduli Kesehatan.

“Kami ada dokter Lettu Ridwan dan juga perawat kami periksa gratis warga ITCI. Ini adalah kegiatan sosial kedua kami bersama Ibnu Sina. Sebelumnya pada November 2018 kami gelar bakti sosial di Manggar berupa donor darah, khitan massal dan pengobatan gratis,” ujarnya lagi.

Sebanyak 150 warga ITCI Kenangan sore itu terlihat antusias mengikuti pengobatan gratis. Layanan periksa kesehatan dan pengobatan gratis dilakukan di halaman Masjid Al- Muhajirin ba’da salat Asar. Meskipun ramai pasien, proses pemeriksaan berjalan tertib dan selesai ketika mendekati adzan Magrib.

Poliklinik Ibnu Sina siapkan empat karton obat-obatan beragam jenis. Diantaranya obat anti biotik analgesic, saluran cerna, tensi, diabetes, kolesterol dan vitamin. Pasien yang berobat rata-rata berusia 30 sampai dengan 50 tahun. Pasien dewasa juga difasilitasi cek gula darah.

“Kami dibantu dua dokter, satu dari Lanal, kemudian perawat, analis dan apoteker dari Ibnu Sina. Obat juga kami berikan gratis, ada empat karton kami bawa dari Balikpapan,” kata Direktur Poliklinik Ibnu Sina Balikpapan Dr. Hadi Yuniarko.

Suasana cek kesehatan dan pengobatan gratis di Masjid Al-Muhajirin ba’da Asar

Berdasarkan hasil pemeriksaan, pasien yang datang mengeluhkan nyeri tulang, saluran cerna, diabetes, Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) dam tensi. Terdapat beberapa pasien yang tekanan darahnya mencapai 220 sehingga ia sangat menganjurkan pasien untuk menjaga tekanan dan mengkonsumsi obat penurun tekanan.

“Ada juga pasien katarak kami sarankan BPJS nya dipakai dan kami beri surat rekomendasi berobat lanjutan,” ujar Hadi.

Dr. Hadi mengatakan, Ramadhan 1440 Hijriah ini Poliklinik Ibnu Sina juga melayani cek kesehatan gratis di Masjid Istiqamah Pertamina Balikpapan. Pemeriksaan gratis untuk jamaah berupa cek gula darah, kolesterol dan lain-lain. Ibnu Sina memakai unit Thibun Nabawi di Masjid Istiqamah untuk pasien yang ingin periksa kesehatan.

“Di Masjid Istiqamah kita bukanya setiap Selasa dan Jumat mulai jam sebelas siang sampai dengan jam dua siang. Ada dokter dan tenaga medis kami disana,” katanya.

“Diluar Ramadhan Poliklinik Ibnu Sina juga agenda bakti sosial. Seperti saat gempa di Palu dan Lombok, Ibnu Sina buka posko peduli kesehatan gratis,” ujarnya menambahkan.

Ketua DKM Masjid Al Muhajirin ITCI Kenangan- M. Thoiffin mengharapkan silaturahmi ini tetap berjalan. Kegiatan safari dakwah diharapkan menjadi pencerah umat secara umum dan masyarakat di Maridan pada khususnya.

“Kami tidak menghitung lagi sudah berapa banyak bantuan dari DKM Istiqamah laksanakan dakwah di desa ini. Yang jelas mudah-mudahan harapan kami kerjasama dakwah ini senantiasa bisa ditingkatkan ditahun akan datang,” kata M Muthoiffin. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme