IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Bazar Ramadhan Diserbu, Tempo Satu Jam Beberapa Komoditas Ludes Terjual

IDCFM,NET, Balikpapan—Walikota Balikpapan-Rizal Effendi membuka Bazar Ramadhan yang berada di halaman Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan. Bazar Ramadhan ini merupakan program dari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan BMPD dilaksanakan mulai delapan – sembilan Mei 2019 mulai jam 09:00 – 15:00 WITA.

Walikota Rizal membuka kegiatan pada jam 10:30. Namun sejak pagi bazar sudah ramai pembeli sehingga beberapa komoditas telah ludes terjual sebelum walikota menyampaikan sambutan. Pantauan IDC, beberapa komoditi yang ludes terjual diantaranya bawang putih yang mana dijual seharga 10 ribu rupiah untuk dua bonggol dan sayuran hydroponik.

“Saya bawa sayur-sayur hydroponik tadi 44 ikat. Buka stand setengah sembilan, setengah 10 tari sudah ludes. Jadi santai sudah tinggal siap-siap pulang,” ujar Meli, petani hydroponik Balikpapan.

Tingginya animo masyarakat untuk menukarkan uang pecahan kecil juga terlihat pada hari pertama kegiatan bazar. Memang selama kegiatan berlangsung, BI terima permintaan penukaran pecahan kecil. Antrean panjang pelaku penukaran uang terlihat dan BI tidak memberikan batasan maksimal jumlah uang yang akan ditukarkan.

“Selama bazar ramadhan kita siapkan mobil kas untuk terima penukaran pecahan kecil. Dan nanti di semua bazar ramadhan yang digelar oleh TPID juga ada layanan penukaran uang,” ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Balikpapan- Bimo Epyanto.

Bimo mengatakan TPID berupaya lakukan pengendalian inflasi selama ramadhan, melalui program bazar ramadhan. Pihaknya juga lakukan upaya kerjasama dengan pemasok utama khususnya menghadapi Ramadan dan idul fitri. Termasuk melibatkan petani lokal dengan skala tertentu.

“Kalau banyak dilakukan kegiatan seperti ini diharapkan bisa kendalikan harga agar tidak terlalu bergejolak. Masyarakat tidak bergantung kepada pasar sehingga harga dapat terkendali,” ujar Bimo.

Usai meresmikan Bazar Ramadhan walikota Rizal juga mengunjungi beberapa stand dan terlihat membeli beberapa komoditas seperti sayur-sayuran. Turut mendampingi Kepala KPw BI Balikpapan Bimo Epyanto, Danlanal BalikpapanKol Laut (P) Wahyu Cahyono dan Kepala BPS Balikpapan.

Walikota Rizal berharap Bazar Ramadan bisa kendalikan harga di pasar umum, khususnya pada komoditi bawang putih. Ia memperoleh informasi distributor bawang akan datangkan bawang putih ke Balikpapan dengan harga jual Rp. 50 ribu per Kg. Namun ia belum bisa memastikan kapan pasokan itu akan datang.

“Saya dengar distributor bawang datangkan katanya harga 50 ribu. Kita sambil tunggu droping dari pemerintah pusat harganya 25 ribu sampai dengan 30 ribu. Kalau itu datang sangat cepat menormalkan harga bawang putih,” kata Rizal.

Adapun enam jadwal Bazar Ramadhan selanjutnya adalah pada 13 dan 14 Mei 2019 bertempat Lapangan LPM Kelurahan Prapatan Kecamatan Balikpapan Kota; 15 dan 16 Mei 2019 di halaman parkir Kantor Kecamatan Balikpapan Barat; 20 dan 21 Mei 2019 di halaman Parkir Kantor Kelurahan Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara; 22 dan 23 Mei 2019 di halaman Perkir Kantor Kelurahan Karang Rejo Kecamatan Balikpapan Tengah; 27 dan 28 Mei 2019 di halaman parkir Kantor Kecamatan Balikpapan Selatan; 29 dan 30 Mei 2019 di halaman Kantor Kelurahan Teritip Kecamatan Balikpapan Timur.

Adapun peserta bazar diantaranya Bulog Divre Kaltim Kaltara; Hypermart Balikpapan; PT Perusahaan Perdagangan Indonesia; UD. Surya Wijaya; PKK Balikpapan; UMKM Semayang dan Mitra Binaan Dinas Pangan Pertamian dan Perikanan Kota Balikpapan. (Imy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme