IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Kementrian Pertanian Diminta Operasi Pasar Bawang Putih di Balikpapan

IDCFM.NET, Balikpapan—Pemerintah Kota Balikpapan segera berkoordinasi dengan Bulog dan Satgas Pangan terkait kenaikan hagra bawang putih yang tembus diangka Rp. 100.000 per Kilo gram.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan lonjakan harga komiditas bawang putih merupakan isu nasional dan terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga permasalahan ini mendapat perhatian dari Kementrian Pertanian.

“Kalau diminta kita sidak pasar harga bawang ndak ada gunanya karena terjadi se Indonesia. Kita tunggu saja bagaimana dari Kementrian Pertanian,” ujar Rizal.

Rizal mengatakan Kementrian Pertanian telah programkan upaya menekan harga bawang putih dengan operasi pasar. Kementrian Pertanian, kata Rizal, lakukan impor bawang putih sebanyak 250 ribu ton untuk mengendalikan harga komoditi tersebut. Harga jualnya jauh lebih murah dari yang ada di pasaran saat ini.

Rizal mengaku heran dengan tingginya harga bawang putih. Karena ia kmelihat pasokan dipasaran saat ini masih terpenuhi.

“Kita lihat di TV Kementrian Pertanian jualnya 25.000 sampai dengan 30.000 di pasar. Kalau ini bisa dilakukan segera bisa normalkan bawang putih kita. Nanti kita tanyakan kapan dapan operasi pasar dari Kementrian Pertanian,” kata Rizal.

Untuk tekan inflasi Balikpapan dalam momen Ramadhan, Rizal juga ingatkan masyarakat untuk bijak berbelanja. Masyarakat diharapkan mampu mengendalikan diri supaya harga-harga kebutuhan hidup khususnya sektor panganan bisa stabil dan normal.

“Penekanan inflasi kan harus pengendalian kebutuhan masyarakat agar menahan diri supaya harga di normalkan. Koordinasi dengan perdagangan juga dilakukan supaya pasokan lancar,” kata Rizal lagi. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme