IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Terinspirasi Dari Lomba Mural, Wawali Minta Pertamina Literasikan Kampung Baru

Salam Literasi: Heppy Wulansari- Region Manager Communication & CSR Kalimantan (kanan) dan Rahmad Masud- Wakil Walikota Balikpapan saat penyerahan bacaan kepada TBM An-Nisaa saat peresmian Kampung Literasi pada Kamis (02/05/2019)

 

IDCFM.NET, Balikpapan– Pertamina Refinery Unit V Balikpapan mendukung Kampung Literasi di RT 9 Jalan Gajah Mada Klandasan Ilir Balikpapan Kota dengan membuat enam pojok literasi dasar di kawasan tersebut.

Kawasan yang berada di RT 9 sebelumnya terdapat Taman Baca Masyarakat (TBM) An-Nisaa. Selanjutnya Pertamina melalui program Coorporate Social Responsibility (SCR) mendukung kawasan tersebut sebagai kampung literasi dan menggelar lomba melukis tembok (mural) bertemakan budaya lokal, literasi, dan edukasi pada 28 April – 01 Mei 2019.

“Pendidikan bukan hanya tanggung jawab sekolah tetapi juga masyarakat dan seluruh lembaga maupun BUMN BUMD. Edukasi, literasi dan budaya lokal ini yang ingin kita ajarkan ke generasi dan setiap mural bisa bercerita banyak,” kata Heppy Wulansari- Region Manager Communication & CSR Kalimantan, saat Peresmian Kampung Literasi dan Pengumumam Pemenang lomba mural pada Kamis (02/05/2019).

Heppy mengatakan RT 9 Klandasan Ilir berada di kawasan padat penduduk yang berada di jantung kota, sehingga berdampingan dengan perkantoran, pusat perbelanjaan dan perhotelan. Apalagi jalan gajah mada kerap menjadi lintasan olahraga oleh sejumlah tamu hotel setempat. Sehingga kampung literasi yang menyuguhkan deretan gambar-gambar mural akan menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi objek yang menarik untuk berswafoto.

“Ini juga rute yang nginep di hotel sering jalan sehat di areal sini.  Jadi rute olahraga, jadi ini akan menjadi daya tarik. Ini juga komitmen kami untuk tingkatkan minat baca di masyarakat dan komitmen jalankan program nasional pojok literasi,” kata Heppy lagi.

Heppy menyebutkan enam pojok Literasi Dasar yang diwujudkan adalah Pojok Literasi Baca Tulis; Literasi Numerik; Literasi Sains; Literasi Finansial; Literasi Budaya dan Kewarganegaraan dan Literasi Digital.

Ia juga memastikan dukungan Pertamina tidak berhenti sampai disini, namun akan terus dikembangan dan menjadi perhatian pihaknya.

“Kami ingin masyarakat memahami pesan melalui gambar dan upaya kami mendukung program literasi nasional. Klandasan Ilir sebagai ikon wisata edukasi yang bisa dibanggakan Balikpapan,” ujar Heppy lagi.

Seorang anak dengan es kemasan plastik di tangan, asyik membaca komik di satu sudut jalan Kampung Literasi Klandasan Ilir. (Kamis, 02/05/2019)

Rahmad Masud- Wakil Walikota Balikpapan saat meresmikan Kampung Literasi di RT 9 Klandasan Ilir mengatakan dengan adanya Kampung Literasi ini akan mengembangkan minat baca anak-anak, terutama membudayakan karakter hidup sehat,  lingkungan bersih dan masyarakat yang edukatif.

Rahmad apresiasi program CSR Pertamina yang mengusung literasi untuk memajukan minat baca generasi muda saat ini. Ia juga berharap kinerja Pertamina kedepan semakin maju dan selalu menjadi perusahaan negara bidang energy nomor satu di Indonesia.

Rahmad juga meminta masyarakat setempat untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungan ikon wisata baru tersebut dan tidak merusak gambar-gambar mural.

“Kita berterima kasih ke semua stakeholder dan semua orang yang terlibat di dalam pembangunan ini khususnya Pertamina. Ikon wisata yang bisa menjaga di sini adalah lingkungan dan warga setempat tentunya berkomunikasi dengan pemerintah setempat dalam hal ini lurah dan camat. Insya Allah pemerintah akan selalu mendukung kegiatan program sepanjang itu bermanfaat,” ujar Rahmad.

Lebih luas Rahmad mengatakan dewasa ini sejumlah perusahaan jalankan program CSR untuk kembangkan satu kawasan, baik sektor pendidikan, pertanian maupun wisata. Contoh adalah kampung warna-warni di Manggar dan Pertanian di teritip.

Ia berharap kedepan Pertamina juga melirik sudut kota Balikpapan untuk kembangkan CSR nya di bidang literasi. Melihat gambar-gambar mural bertemakan pendidikan, literasi dan budaya lokal di Klandasan Ilir, Ia pun meminta agar Pertamina melirik kawasan Kampung Baru, sebagai tujuan selanjutnya  program ini dijalankan.

“Kampung Baru juga kalau bisa dikembangkan, bangga berliterasi. Pertamina ini jelas latarbelakang majunya kota Balikpapan. Tanpa pertamina Balikpapan belum tentu bisa sebesar dan semaju ini,” ujarnya. (Imy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme