IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Tunggakan Peserta Mandiri BPJS Kesehatan Turun

IDCFM.NET, Balikpapan – Hinggga awal tahun 2019, BPJS Cabang Balikpapan menyebutkan jumlah tunggakan iuran peserta mandiri mengalami penurun hingga 50 persen, sejak diterapkan persyaratan auto debit sejak pertengahan 2018 lalu.

Jumlah tunggakan iuran peserta mandiri di BPJS Kesehatan tercatat mencapai Rp 49 miliar pada awal tahun 2018, dan turun drastis pada awal tahun 2019 menjadi Rp 24 miliar.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan Endang Diarty mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan upaya sosialisasi ke masyarakat untuk menyelesaikan sejumlah persoalan khusus tunggakan iuran.

“Tunggakan yang ada khususnya peserta mandiri, akan terus melekat dan tercatat. Karena dicatat berdasarkan akun kepala keluarga dan harus tetap dilunasi oleh anggota keluarga yang lainya, meski kepala keluarganya dilaporkan meninggal dunia,” kata Endang kepada wartawan.

Endang menambahkan, pihaknya juga telah memasukan syarat melampirkan rekening aktif yang akan digunakan auto debet sejak oktober 2018 lalu. Hal ini dilakukan untuk meninghindari keterlambatan pembayaran iuran, yang telah dikerjasamakan dengan sejumlah bank diantaranya BRI, Mandiri, BCA dan BNI.

“Kami wajib setiap ada pengurusan di kantor cabang wajib melampirkan rekening aktif, untuk dimasukan dalam program auto debit,” tambang Endang.

Endang menjelaskan, total peserta mandiri BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan saat ini tercatat mencapai 343.027 yang berasal dari empat daerah yakni Balikpapan, PPU, Paser dan Berau.

(muhammad maulana)

Trims
Updated: April 9, 2019 — 10:35 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme