IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Pernikahan “Hijau” Sang Putri Tuai Pujian, Begini Jawaban Walikota

Sumber: @rz_effendi58

IDCFM.NET, Balikpapan– Pernikahan Aisyah Febria dengan Bahtiar Rizky Akbar pada akhir Maret 2019 hingga kini masih menjadi perbincangan hangat.

Aisyah Febria yang merupakan putri dari Walikota Balikpapan Rizal Effendi bersedia dipinang dengan mas kawin salahsatunya berupa dua bibit tanaman mangga. Bibit tanaman mangga tersebut ditanam di Balikpapan Islamic center pada Sabtu (30/03/2019) tempat kegiatan ke nikah dilangsungkan.
 
Tidak hanya itu. Dalam pesta pernikahan keduanya yang berlangsung di BSCC atau Dome Balikpapan pada Ahad (3/03/2019) undangan menerima souvenir berupa bibit tanaman, bibit tanaman hias, tanaman buah dan tanaman sayur. Selain itu souvenir lainnya adalah berupa tumbler dan lilin aromaterapi. Mempelai wanita juga memberikan kenangan-kenangan seikat bunga kepada undangan wanita, usai foto bersama di pelaminan.

Undangan yang datang menunjukan souvenir tanaman.

“Salah satu mas kawin pernikahan putri kami yakni dua buah pohon mangga. Ini memang sesuai dengan regulasi pemerintah kota Balikpapan dimana ada perjanjian antara Dinas Lingkungan Hidup kota Balikpapan dengan Kantor Kementerian Agama kota Balikpapan tahun 2016. Bahwa warga Balikpapan yang mengurus akta nikah wajib menanam pohon,” kata Rizal melalui laman Instagram nya pada Rabu (03/04/2019).
“Kalau tumbler untuk mendukung peraturan daerah soal pengurangan produk dan kemasan plastik sekali pakai,” kata Rizal menambahkan.
Rizal mengatakan souvenir berupa bibit tanaman hias, sayur dan buah sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebagai kenang-kenangan kepada warga yang datang. Persiapan membutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk menyediakan 4000 bibit tanaman tersebut.
“Kedepan juga warga kota yang menggunakan masjid islamic center Balikpapan sebagai proses akad, diwajibkan menanam bibit pohon tersebut di halaman masjid.  Yang akan dinamakan tanaman Samawa. Jadi sewaktu-waktu mereka bisa melihat dan kelak menunjukkannya kepada anak cucu pohon yang mereka tanam saat melakukan akad,” ujar Rizal.
Rusdiana, anggota Kerukunan Keluarga Banjar yang turut menghadiri undangan pernikahan Febi dan Rizky mengaku baru pertama kali menghadiri undangan pernikahan yang memberikan souvenir berupa bibit tanaman.
“Souvenir yang berbeda sekali ya.Saya lihat ada tomat, daun sop. Tadi saya cari lombok tapi sudah Ndak ada,” ujarnya.
Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan, Thohari Azis menilai pemberian bunga dan tanaman hias sebagai souvenir hajatan pernikahan cukup tepat.
“Pertama sangat indah bunga-bunga
Menunjukkan pesan momen bahagia dan berbagi kebahagiaan bersama masyarakat kota Balikpapan dan keluarga besar pak Walikota,” ujar Thohari.
Thohari mengatakan pernikahan “hijau” putri walikota ini bisa menjadi model inspirasi souvernir di Balikpapan, baik untuk pernikahan dan acara lainnya.
“Bagus sebagai budidaya di Balikpapan.
Tanamannya juga cocok buat iklim disini. Ada bibit bunga, daun sop, mangga. Selamat untuk pak wali dan putrinya,” ujar Thohari. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme