IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

PDAM Ditarget Melayani 100 Persen Pelanggan di Tahun 2023

Dirrektur Utama PDAM Tirta Manggar Balikpapan- Haidir Effendi saat menandatangani surat keputusan Walikota Balikpapan- Rizal Effendi

 

IDCFM.NET, Balikpapan—Walikota Balikpapan- Rizal Effendi melantik jajaran Direksi PDAM Tirta Manggar Balikpapan yang baru pada Selasa (02/04/2019).  Direktur Utama PDAM masih dijabat oleh pejabat sebelumnya yaitu Haidir Effendi. Sementara posisi Direktur Umum PDAM dijabat oleh Gazali Rahman; Direktur Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dijabat oleh Anang Fadliansyah dan Direktur Teknik dijabat oleh Arif Purnawarman.

“Perlu disadari bersama bahwa pelayanan air bersih belum maksimal, baik air baku dan distribusi masih sering dikeluhkan masyarakat, termasuk sorotan anggota DPRD. Saya harap saudara benar- benar bekerja dan keluhan air bersih yang nyaman bisa dipenuhi dalam waktu tidak terlalu lama,” ujar Walikota Rizal.

Rizal juga ingatkan jajaran direksi PDAM Balikpapan untuk memaksimalkan pemanfaatan Waduk Teritip sebanyak 4000 sambungan. Waduk Teritip sendiri dibangun untuk prioritas pelanggan wilayah Balikpapan Timur. Waduk Teritip sendiri telah ditetapkan sebagai kategori strategis nasional. Sehingga patut menjadi program prioritas PDAM.

Untuk meningkatkan kinerja, PDAM diminta untuk bekerjasama dengan Balai Sumber Air untuk mencari sumber mata air guna memenuhi kebutuhan air bersih di Balikpapan.

“Ajukanlah sebaik mungkin dan bekerjasamad engan Balai Sumber Air. Kita masih kurang 600 liter per detik yang kekurangannya harus dicarikan secepat mungkin. Seharusnya 2023 layanan air bersih bisa dinikmati masyarakat,” ujar Rizal.

Haidir Effendi- Direktur Utama PDAM Tirta Manggar Balikpapan, mengatakan tahun ini pihaknya target 3500 sambungan baru. Triwulan pertama 2019 pihaknya sudah melakukan 1000 sambungan baru dengan kategori pelanggan rumah tangga maupun bisnis.

Berdasarkan peraturan daerah, PDAM diharuskan memenuhi kebutuhan air bersih kepada 100 persen pelanggan. Sehingga PDAM saat ini berupaya mencari sumber-sumber air baku alternatif.

“Setiap tahun PDAM target 3500 sambungan baru dengan target jangka panjang 2023 harus 100 persen melayani seluruh permintaan pelanggan,” kata Haidir.

Haidir mengatakan untuk lakukan pemasangan sambungan baru, harus memenuhi ketentuan secara teknik. Seperti kapasitas kemampuan tekanan air untuk mengaliri air ke rumah pelanggan.

“Sebenarnya kalau dikita ini kalau jaringan ada kemudian pipanya tekanan diatas satu bar, bisa kita pasang. Jangan sampai karena tidak sampai satu bar, airnya tidak ngalir. Sayang kasian,” ujar Haidir.

Dalam kesempatan itu, Rizal juga melantik Said MN Fadly Sekretaris Daerah Kota Balikpapan sebagai Ketua Dewan Pengawas PDAM Tirta Manggar Balikpapan 2019-2022. Adapun anggota Dewan Pengawas PDAM dari unsur pemerintahan adalah Daud Pirade yang menjabat sebagai Kepala Bidang Hukum Sekretariat Kota Balikpapan. Sementara Dewan Pengawas dari unsur independen adalah Hendika Swastilukita. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme