IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Pasang Penangkal Petir, Cadangankan 30 Persen Daya Listrik

IDCFM.NET, Balikpapan— PT PLN (Persero) Unit Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara matangkan persiapan dari sisi kehandalan jaringan, sebagai persiapan menghadapi Pemilu dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Persiapan dilakukan untuk antisipasi jika terjadi potensi pemadaman akibat cuaca dan gangguan lainnya.

“Teman-teman dilapangan sudah merintis pohon yang mengganggu kabel, perbaiki material-material. Ini yang dilakukan PLN untuk antisipasi pemadaman,” ujar Leonardo Buntoro- Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Induk Wilayah Kaltim dan Kaltara pada Jumat (29/03/2019).

Leo mengatakan antisipasi pemadaman akibat petir juga sudah dilakukan dengan cara memasang Arrester pada gardu listrik. Arrester adalah suatu alat yang berfungsi untuk melindungi instalasi listrik, terjadi lonjakan tegangan atau tegangan lebih (Over Voltage).

“Sehingga saat terjadi petir, itu sudah diantisipasi dengan pasang arrester. Itu sudah kita pasang di interkoneksi kita di Kaltim, Kaltara dan Kalsel agar tidak listrik tidak padam,” kata Leo.

Pria yang pernah menjabat Manager PLN Area Surakarta ini mengatakan pada Pemilu tahun ini PLN Unit Wilayah Kaltim dan Kaltara siapkan 15 Unit Uninterruptible Power Supply (UPS). Alat ini tidak disiapkan pada pemilu sebelumnya. UPS adalah perangkat yang menggunakan baterai backup sebagai satuan daya alternatif, untuk Dapat memberikan suplai daya.

Pengadaan UPS tersebut mengingat tahun ini ada lima jenis pemilihan dan akan memakan waktu proses perhitungan suara yang lebih lama dibanding pemilu sebelumnya.

“UPS ini seperti power bank. Alat ini baru digunakan pada Pemilu tahun ini. Satu itu daya tahannya bisa sampai 30 menit. Tapi itu baru kita gunakan kemudian setelah manfaatkan interkoneksi jaringan listrik kita di tiga provinsi tadi,” kata Leo menjelaskan.

Selain UPS, kata Leo, pihaknya juga siapkan 41 Unit Genset yang disiagakan mulai 10  April sampai dengan 24 April 2019. Dengan adanya UPS, Leo memastikan PLN memiliki 30 persen cadangan listrik untuk Pemilu dan UNBK.

“Dengan persiapan dari sisi kehandalan jaringan bisa sampai 30 persen cadangan listrik kita. Untuk UPS ini kami nanti setelah memilu ada acara lain kami bisa siapkan juga,” kata Leo lagi. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme