IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Meski Tingkat Kemiskinan Terendah, Balikpapan Perbarui Perda Penanggulangan Kemiskinan

IDCFM.NET, Balikpapan– Rizal Effendi- Walikota Balikpapan menyebutkan tahun 2018 angka kemiskinan di Balikpapan menjangkau 2,64 persen dari jumlah penduduk.

Persentasi angka kemiskinan tersebut termasuk terendah dari 10 kabupaten kota di Kalimantan Timur. Namun dari segi jumlah warga miskin, Balikpapan berada diurutan kelima di Kaltim .

“Kita memang terendah angka kemiskinannya di Kaltim 2,64 persen tahun 2018. Namun secara jumlah kita 17.800 posisi kelima. Sehingga perlu ada perubahan,” kata Rizal pada Rabu (27/03/2019).

Rizal mengatakan Balikpapan telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Penanggulangan Kemiskinan yang disahkan pada tahun 2004. Namun seiring berjalannya waktu, perlu dilakukan perubahan secara berkualitas untuk pembangunan infrastruktur yang merata sebagai bagian dalam mengurangi angka kemiskinan di kota Balikpapan.

Dalam Raperda Penanggulangan Kemiskinan, kata Rizal, akan memuat enam hal penting yang menjadi upaya pemerintah kota dan pihak terkait dalam menanggulangi kemiskinan, diantaranya pemenuhan pendidikan; pemenuhan kesehatan; pemenuhan sandang dan pangan dan Kesempatan Kerja. Selain itu memuat upaya pengendalian inflasi untuk menjaga stabilitas harga dipasaran tradisional.

“Rangkaian perda ini pengganti Perda nomor delapan tahun 2004 tentang penanggulangan kemiskinan yang kini sudah tidak sesuai dengan dinamika dan peraturan perundangan,” kata Rizal.

Rizal mengatakan saat ini program penanggulangan kemiskinan pemerintah kota mencakup pada program berbasis pemberdayaan masyarakat dan berbasis pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Rizal berharap Raperda Penanggulangan Kemiskinan diharapkan menjadi pembahasan prioritas oleh DPRD Kota agar bisa segera disahkan menjadi Perda.

“Perubahan Perda Penanggulangan Kemiskinan guna mewujudkan kondisi politik, ekonomi dan sosial yang kondusif di Balikpapan,” kata Rizal. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme