IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

KNKT Ungkap Penyebab Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan

IDFM.NET, Balikpapan—Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sampaikan laporan final investigasi kerusakan pipa dan polusi minyak mentah akibat pengoperasian kapal Ever Judger yang terjadi pada 30 Maret 2018.

Dalam kurun satu tahun tersebut KNKT terbitkan laporan berupa faktual, analisis, kesimpulan dan rekomendasi keselamatan. Sejumlah data faktual yang ditemukan oleh tim investigasi telah dianalisis secara mendalam berdasarkan sudut pandang regulasi yang mengaturnya dan implementasinya pada waktu kejadian berlangsung

“Laporan final yang telah diselesaikan dalam waktu kurang dari satu tahun ini mengulas secara komprehensif mengenai akar masalah yang menyebabkan terjadinya kecelakaan ini,” Soerjanto Tjahjono– Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi dalam Media release “Kerusakan Pipa dan Polusi Minyak Mentah Akibat Pengoperasian Kapal Every Judger” di kantor Walikota Balikpapan pada Kamis (14/03/2019) siang.

Kata Soerjanto, KNKT menyimpulkan terjadinya tumbuhan karena kurangnya penerapan bridge resource management (BRM) diatas kapal Every Judge disertai penanganan keadaaan darurat yang tidak tepat. Kondisi ini memberikan andil pada benturan antara jangkar Ever Judger dengan pipa penyalur minyak mentah berdiameter 20 inci di dasar teluk. Kejadian ini juga didukung oleh faktor kontribusi, antara lain komunikasi di antara awak kapal dan pandu tidak dalam satu bahasa yang sama; tidak ada prosedur spesifik tentang pelayanan pemanduan terkait pertukaran informasi sebagaimana diatur dalam resolusi IMO A. 960, kecuali prosedur yang dikeluarkan oleh KSOP setempat.

“Saat itu ada kru pandu naik ke atas kapal. Harusnya pakai perintah bahasa inggris biar semua mengertil tetapi Satu lagi menggunakan bahasa mandarin,” ujarnya.

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan serupa di kemudian hari, kata Soerjanto, pihaiknya telah menyampaikan sejumlah rekomendasi keselamatan bersifat lintas instansi. Sehingga dibutuhkan koordinasi antar institusi, Beberapa instansi telah secara cepat melakukan tindakan keselamatan terkait rekomendasi tersebut.

Soerjanto mengatakan secara kualitas kapal-kapal didunia memiliki peralatan canggih sehingga pengguna kapal terlena dan lengah dalam mengoperasikan kapal karena ketergantungan dengan kecanggihan alat kapal tersebut. Itulah yang dikatakan sebagai kelemahan dalam dunia otomatis.

Kelemahan tersebut yang harus dipelajari kembali agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi. Di Kapal bukan menjadi ajang kompetisi kendalikan kapal, melainkan mengubah pikiran menjadikan team work.

“Seperti pesawat yang super modern ternyata ada masalah kita belajar dari semua itu. Dengan super modern orang jadi terlena. Kita nganukan ke sistem sehingga ketika ada kegagalan di satu sistem kita jadi ga siap,” ujar Soerjanto meyakinkan.

Jhonny Silalahi, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Balikpapan berjanji akan tingkatkan kembali koordinasi dengan pandu agar kerusakan pipa minyak tidak terulang kembali.

Keberadaan pipa minyak di sekitar pelabuhan dengan trafik lalu lintas laut yang padat dinilai masih lazim. Jhonny mengatakan pihaknya sudah memasang plang larangan pasang jangkar pada titik-titik tertentu di sekitar pelabuhan.

“DI IMO kan diatur tidak boleh buang jangkar. Dia kan tau tanda yang kita buat. Jadi kalau disalahkan lokasi pipa nya itu ga masuk akal. itu pembelaan disi saja,” ujarnya lagi.

Rizal Effendi– Walikota Balikpapan berharap pada Menkomaritim yang merupakan lintas kementrian untuk dapat lebih aktif dalam berkoordinasi dengan pihak terkait.

Rizal juga mengatakan pihaknya akan mengundang kembali PT Pertamina RU V Balikpapan untuk memaparkan fasilitas pipa di perairan teluk Balikpapan.

“Kita akan undang lagi pertamina untuk memaparkan pada Pemda kondisi fasilitas pipa yang ada di laut dan dimana- mana lokasinya. Pemerintah pusat kami mohon menkomaritim bisa lebih aktif supaya kalau ada kejadian bisa cepat penanganan,” kata Rizal. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme