IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Tes Kebugaran Calon Jemaah Haji di Pusatkan di Islami Center

IDCFM.NET, Balikpapan— Tes Kebugaran Tahap dua Calon Jemaah Haji 2019 Kota Balikpapan dipusatkan di Balikpapan Islamic Center.
Seluruh calon jemaah haji diminta untuk berlari atau jalan cepat. Selain itu calon jemaah juga mengikuti rangkaian pemeriksaan seperti tekanan darah, pemeriksaan Indeks Massa Tubuh (IMT), pemeriksaan lemak tubuh, lari atau jalan cepat dan sebagainya.
“Tujuan pemeriksan kebugaran ini untuk memastikan para calon jamah haji ini agar pada saat pelaksanaan maupun sampai kembali nanti mereka masih dalam kondisi sehat dan bugar,” ujar H. M. Sholeh- Kepala Seksi Urusan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan.
Calon Jemaah Haji 2019 Kota Balikpapan berjumlah 530. Kegiatan tes kebugaran dilakukan mulai 11 Maret 2019 sampai dengan 15 Maret 2019. Kegiatan dimulai pada jam 06:00 WITA sampai sebelum waktu Salat Zuhur.
Hari pertama tes kebugaran tahap dua diikuti oleh jemaah asal Balikpapan Barat dan Balikpapan Timur. Selasa pesertanya jemaah dari Balikpapan Utara; Rabu untuk jemaah warga Balikpapan Tengah dan Balikpapan Kota; Kamis untuk jemaah Balikpapan Selatan dan terakhir Jumat untuk jemaah Balikpapan Tengah.
“Seluruh rangkaian tes dilakukan oleh tim dari Dinas Kesehatan Kota. Tujuannya untuk mengetahui kondisi kesehatan seluruh calon jemaah agar mereka nanti bisa menjalankan ibadah haji dengan kondisi sehat dan pulang ke tanah air dalam kondisi sehat,” ujar Sholeh.
Sholeh juga mengimbau agar seluruh calon jemaah haji Balikpapan mulai menjalankan pola hidup sehat. Ia juga mengimbau seluruh calon jemaah untuk menjaga pola makan dan rutin berolahraga. Ia juga ingatkan untuk calon jemaah lanjut usia agar tidak berlebihan dalam berolahraga seperti berlari cepat dan bersepeda dengan mendaki jalan.
“Yang kira-kira¬†ada gangguan kesehatan ringan seperti kolesterol, darah tinggi harus kontrol di Puskesmas¬†agar memperoleh pengobatan lanjutan,” ujar Sholeh mengingatkan. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme