IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Cetak KTP Selesai Satu Hari, Pembuatannya di Disdukcapil

IDCFM.NET, Balikpapan—Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kota Balikpapan mempercepat proses pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan Hasbullah Helmi, mempersilakan penduduk Balikpapan yang mengantongi Surat Keterangan (Suket) pengganti e-KTP atau yang memiliki Resi silakan langsung datang ke Kantor Capil untuk mengambil e-KTP nya.

“Walaupun masa pengambilan belum waktunya silakan datang ke kantor Capil, kita cetak langsung jadi,” kata Helmi.

Himbauan ini juga berlaku bagi penduduk yang melakukan perubahan data dan KTP hilang untuk segera mengurus ke kantor Capil. Saat ini pembuatan KTP terpusat di satu titik yaitu kantor Disdukcapil. Kebijakan mempercepat pencetakan KTP, kata Helmi, ini sudah berlangsung sejak awal maret 2019.

“Kami menyampaikan ke masyarakat bahwa pembuatan KTP tidak lagi di kecamatan. Semua dilakukan di kantor Capil,” ujarnya.

Helmi juga memastikan stok blanko KTP-el di kantor Capil mampu memenuhi permintaan. Saat ini terdapat sekitar 6.000 blanko di Kantor Capil.

“Saya cek dari minggu lalu baru terpakai 800. Jadi tolong yang punya suket dan perubahan data silakan datangke kantor Capil. Namun untuk perekaman KTP memang masih tiga hari baru jadi,” kata Helmi menambahkan. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme