IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Ribuan Hadirin Makan Mie Singkong, Penyajiannya Pecahkan Rekor MURI

IDCFM.NET, Balikpapan—Untuk ke-enam kali nya Balikpapan melaksanakan even rekor MURI dalam perhelatan HUT ke-122 Kota Balikpapan. Tahun ini even pemecahan rekor MURI berupa “Penyajian Mie Singkong Terbanyak” saat upacara HUT kota pada Ahad (10/02/2019). Seluruh undangan, peserta upacara dan masyarakat sekitar yang menyaksikan masing-masing mendapat satu porsi mie singkong secara gratis.

Ketua Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI) Kota Balikpapan Eeng Rienca Wangsa mengatakan, pihaknya hadirkan sebanya 5000 porsi mie singkong. Mie ini dimasak berupa mie goreng, lengkap dengan topping berupa irisan daging ayam, bakso singkong, pangsit dan satu butir cabai rawit berwarna merah.

“Kita ingin membudayakan singkong sebagai bahan pengganti tepung yang harganya makin mahal belakangan ini.,” kata Eeng.

Beberapa pihak dilibatkan guna menyukseskan even tersebut. Disebutkan terdapat komunitas atau Asosiasi Cinta Singkong Kota Balikpapan, Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan kota Balikpapan IPEMI serta Dinas koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan yang terlibat. termasuk juga puluhan pelaku UMKM Balikpapan dan pelajar SMK di Balikpapan juga terlibat langsung dalam event skala nasional ini.

Lebih lanjut Eeng mengatakan, dipilihnya panganan singkong ini dalam rangka membudayakan singkong sebagai bahan pengganti tepung yang harganya kini makin mahal. Sementara harga produk singkong yang dijual di pasaran cenderung terlalu murah.

“Padahal kita ketahui bersama Balikpapan dan sekitarnya memiliki banyak petani yang menghasilkan singkong,” katanya lagi.

Een mengatakan pelaku usaha kuliner di kota Balikpapan untuk produk panganan nya sebagian besar masih memakai bahan baku berupa tepung jika tepung singkong berhasil mengganti tepung yang banyak beredar di pasaran dapat dipastikan dampak multiplayer efeknya. Tidak hanya meningkatkan omset petani namun juga membantu pelaku UMKM dalam efisiensi biaya dan penggunaan tepung.

“Dengan demikian petani sejahtera pelaku UMKM bisa lebih untung dan masyarakat juga dapat menikmati panganan dengan harga murah meriah,” ujarnya.

Bersama Universitas Balikpapan (UNIBA), Dinas Pangan Pertanian Dan Perikanan Kota Balikpapan dan instansi terkait, kata Een, pihaknya sudah melakukan uji coba panganan olahan singkong  selama dua tahun.

Tahun 2018 pihaknya berhasil ciptakan makanan berlabel singkoting atau sajian singkong kepiting beragam produk olahan singkong juga sudah diikutkan pameran bersama HIPEMI di Banjarmasin Kalimantan Selatan pada Oktober 2018.

“Dengan event rekor MURI ini diharapkan Balikpapan menjadi pelopor bagi Indonesia dalam mempromosikan singkong dan panganan olahan berbahan singkong ke dunia internasional. Sehingga singkong yang selama ini dianggap makanan murahan harapan kedepan gengsinya bisa terangkat naik,
“ kata Eeng.

Mie Singkong sendiri memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan dengan mie kuning yang banyakd ijual dipasaran. Dengan takaran dan racikan bumbu dari para ahlinya, menjadikan mie singkong ini memiliki cita rasa gurih manis dan kenyal. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme