IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

KPw BI Balikpapan Kini Dikepalai Oleh Bimo Epyanto

IDCFM.NET, Balikpapan–Bimo Epyanto, resmi menjabat sebagai Pemimpin Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Balikpapan, setelah dilangsungkannya serah terima jabatan (Sertijab) di Ruang Beruang Madu Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan pada Jumat (08/02/2019) pagi.

Peralihan pemimpin KPw BI Balikpapan dari Suharman Tabrani kepada Bimo Epyanto disaksikan langsung oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Erwin Rijanto dan Walikota Balikpapan, H. Rizal Effendi. Selain itu hadir pula para undangan dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia se Kalimantan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Balikpapan, Organisasi Perangkat Daerah Balikpapan, Pimpinan Perbankan Balikpapan, Asisten Perekonomian Kabupaten Paser serta stakeholder Bank Indonesia lainnya.

“Kegiatan Serah terima jabatan di Bank Indonesia merupakan dinamika yang berkesinambungan, sebagai upaya menjaga agar organisasi Bank Indonesia tetap memiliki kinerja dan motivasi yang tinggi, sehingga mendukung fungsi, tugas dan peran, serta tanggung jawab Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran,” ujar Erwin Rijanto, Deputi Gubernur Bank Indonesia.

Erwin juga berpesan kepada Pimpinan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan yang baru, Bimo Epyanto untuk senantiasa memperkuat sinergi dan koordinasi dengan Pemerintah Daerah, dunia usaha, dan akademisi dalam pelaksanaan tugasnya.

“Kami mengharapkan agar seluruh pemangku kepentingan di Kota Balikpapan untuk terus memperkuat kerjasama, bersinergi dalam menjalankan kebijakan demi menciptakan masyarakat yang sejahtera,” ujarnya lagi.

Erwin juga menyampaikan bahwa keberhasilan pembangunan nasional merupakan refleksi dari pembangunan tingkat regional termasuk juga kota Balikpapan. Pertumbuhan ekonomi Balikpapan tahun 2018 diperkirakan akan tinggi dibandingkan dengan tahun 2017 yang sebesar 3,78% year-on-year. Pertumbuhan tersebut diperkirakan didorong oleh industri pengolahan migas seiring dengan selesainya periode maintenance industri pengolahan migas di tahun 2017 dari sektor konstruksi sebagai dampak dari pembangunan infrastruktur Pertamina.

Secara sektoral, lanjutnya, tiga unsur yang memiliki pangsa PDRB terbesar di Balikpapan adalah industri pengolahan migas transportasi dan konstruksi inflasi kota Balikpapan tahun 2018 terdapat 3,3% atau sama dengan inflasi rata-rata nasional. Inflasi nasional disumbang komponen angkutan udara kendaraan bermotor bahan bakar.

“Namun demikian tingkat inflasi ke depan masih perlu mendapat perhatian resiko tekanan inflasi 2019 antara lain berasal dari pelaksanaan Pilpres dan ekspektasi inflasi untuk barang konsumsi menjelang hari raya keagamaan nasional. Sementara tekanan administrated price perkirakan rendah akibat penyesuaian harga pemerintah tekanan,” kata Erwin.

Kepala KPw BI Balikpapan yang baru, Bimo Epyanto sebelumnya diberikan mandat sebagai Kepala Divisi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat. Ke depan, dalam kepemimpinannya, Bank Indonesia Balikpapan akan semakin meningkatkan koordinasi dan komunikasi, serta bersinergi dengan Pemerintah dalam memberikan kontribusi positif dalam mengawal inflasi, mendorong pengembangan ekonomi daerah, menjaga kelancaran sistem pembayaran.

“Bank Indonesia juga menjamin stabilitas sistem keuangan di Balikpapan,” katanya.

Adapun Suharman tabrani, selanjutnya menjabat sebagai Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme