IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Pemkot Balikpapan Lelang Jabatan Kepala Dinas

Rizal Effendi– Walikota Balikpapan

IDCFM.NET, Balikpapan—Rizal Effendi- Walikota Balikpapan mempersilahkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berminat mengikuti seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama atau setara dengan esolon II di lingkungan Pemkot Balikpapan.

Jabatan pimpinan tinggi pratama tersebut akan mengisi posisi kepala dinas pada sejumlah Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD). Pelantikan sejumlah kepala SKPD ini akan menjadi mutasi babak ketiga di lingkungan Pemkot Balikpapan, yang dijadwalkan pada akhir Februari 2019.

“Mutasi babak ketiga nanti terutama pada esolon dua atau pejabat tinggi pratama. Sekarang ini mutasi menggeser atau mempromosikan pejabat di posisi pratama. Tentunya ini menjadi peluang PNS untuk mengikuti lelang terbuka ini,” ujar Rizal.

Meski dilakukan lelang terbuka, terdapat sejumlah syarat bagi PNS yang ingin mengikuti kompetisi ini. Kata Rizal menjelaskan, PNS tersebut harus mendapatkan promosi dan rekomendasi. Ketentuan lainnya adalah selama proses seleksi JPT Pratama usia paling tinggi adalah 56 tahun.

“Usia diatas itu tidak bisa. Memutasi itu tidak gampang menggeser karena ada syarat yang disampaikan ke kita. Lelang terbuka ini kita berikan. Ini menjadi kesempatan pada yang muda-muda,” ujar nya lagi.

Beberapa jabatan yang disiapkan secara lelang terbuka diantaranya Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Dinas Pengan Pertanian dan Perikanan. Lelang terbuka ini memakan waktu sekitar 40 hari karena melalui seleksi yang ketat.

Kompetisi secara terbuka dapat diikuti oleh seseorang yang telah memenuhi persyaratan yang ditentukan merupakan satu bentuk reformasi birokrasi seiring dengan lahirnya UU No.5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Ketentuan lebih teknis diatur PP No.11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

“Seseorang harus menduduki jabatan di essolon kalau pindah dan dapat promosi harus dua tahun di jabatan administrator atau pengawas. Itulah ketentuan yang tidak gampang. Kita harapkan generasi yang lapis ketiga ini bisa memenuhi dan mengisi jabatan tinggi pratama,” kata Rizal. (Imy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme