IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Kejari Balikpapan Dampingi Pelaksanaan Pembangunan Kota

IDCFM.NET, Balikpapan—Kejaksaan Negeri (Kejari) Balikpapan siap damping pemerintah kota Balikpapan dalam rangka pelaksanaan pembangunan.

Joeli Sulistyanto- Kepala Kejari Balikpapan mengatakan Kejari bagian dari Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D). Kerjasama ini akan memperkuat pengawasan pelaksanaan program pembangunan. Khususnya dalam rangka memastikan pembangunan berjalan sesuai dengan rencana dan tidak melanggar hukum.

“Kita ini lakukan pendampingan baik proyek daerah, nasional dan strategis nasional. Nanti misalnya bangun gedung kepala dinas nanti sampaikan ke Kejari. nanti kita nilai, telaah, bisa kita lakukan pendampingan,” ujar Joeli.

Kolaborasi Forum Koordiasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) ini kedepannya akan diperkuat dengan penandatanganan kerjasama atau MoU kedua belah pihak. Selain melakukan pendampingan dalam kegiatan pembangunan, Kejari juga akan dilibatkan dalam kegiatan sosialisasi hingga tingkat kelurahan.

“Misalnya masalah sosialisasi hukum nanti kerjasama dengan Kabag Hukum dan Kejaksaan. misalnya nanti ada jadwal sosialisasi ke kelurahan dan kecamatan, kita ikut sosialisasi,” ujarnya lagi.

Rizal Effendi—Walikota Balikpapan mengatakan tahun 2019 ini pembangunan kota Balikpapan lebih banyak pada pembenahan infrastruktur dan penyelesaian lahan pemkot yang bersengketa. Bersama Kejari, satu kegiatan yang menjadi prioritas adalah penyelesaikan hutang perkara Pasar Klandasan sebesar satu miliar rupiah.

“Karena persoalan lahan itu yang disempurnakan di 2019. Yang lain memungkinkan akan kita membenahi fasilitas infrastruktur pasar . Pasar Klandasan tahun ini bisa diselesaikan hutang perkara satu miliar dengan sistem konsinyasi,” ujar Rizal.

Selain Pasar Klandasan, Taman Bekapai yang posisinya berdekatan dengan Pasar Klandasan juga menjadi perhatian. Mengingat taman tersebut juga tengah bersengketa yang dalam kasus ini dimenangkan oleh penggugat atau ahli waris.

“Pemkot berharap kerjasama ini berjalan dengan baik dan membantu pemerintah kota dalam mengawal pelaksanaan pembangunan kota,” ujar Rizal. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme