IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

DLH Godok Raperda Larangan Penggunakan Sedotan Plastik dan Styrofoam

Suryanto– Kepala DLH Kota Balikpapan

IDCFM.NET, Balikpapan—Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan tengah godok Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) mengenai pengurangan plastik, khususnya pada  peralatan makanan.  Diusulkan Raperda tersebut bernama Perda Pengurangan Penggunaan Kemasan/ Produk Plastik Sekali Pakai.

“Ada tiga nanti yaitu larangan penggunakan sedotan plastik, Styrofoam dan plastik.  Tetapi perda ini tidak menggantikan Perwali nomor delapan tahun 2018 tentang pelbatasan penggunaan kantong plastik,” ujar Suryanto—Kepala DLH Kota Balikpapan.

Suryanto berujar, Raperda tersebut telah dikirimkan ke Gubernur Kaltim dan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Ketika Kemendagri telah menerbitkan rekomendasi, barulah Raperda tersebut dibahas dalam paripurna Walikota bersama DPRD Kota.

“Sebenarnya target selesai Desember 2018. Tapi ini kan nyangkut di mendagri, mungkin lama disitu. Tapi target kita tahun ini sudah disahkan,” ujarnya antusias.

Kata Suryanto menjelaskan, ketika Perda telah terbit, selanjutnya akan dipertegas kembali dengan Peraturan Walikota (Perwali) yang isinya mengacu pada Perda tersebut. Perwali tersebut selanjutnya akan diedarkan ke perusahaan-perusahaan makanan di kota Balikpapan.

“Perusahaan harus tau peraturan baru ini. Akan ada sangsi tegas bagi yang tidak mematuhinya,” kata Suryanto.

Langkah pemerintah kota dalam melarang penggunaan plastik ini dalam rangka menjaga lingkungan. Mengingat proses hancurnya sampah plastik membutuhkan waktu 50 hingga 80 tahun. Sementara Styrofoam tidak hancur.

“Styrofoam itu tidak terdegradasi dan berbahaya bagi kesehatan. Justru itu yang akan kita duluankan. target kita April 2019 sudah diberlakukan larangan itu,” katanya. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme