IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Inflasi Balikpapan Diatas Rata-Rata Nasional, TPID Upayakan Langkah Pengendalian

ilustrasi.

IDCFM.NET, Balikpapan—Kota Balikpapan pada Desember 2018 mengalami inflasi sebesar 0,86 persen.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Balikpapan, Komoditi yang memberikan andil terbesar terhadap terjadinya inflasi adalah angkutan udara. Komoditi ini mengalami kenaikan indeks harga sebesar 21,6774 persen dan memberikan andil terhadap inflasi sebesar 0,7428 persen.

“Pada Desember 2018, kelompok pengeluaran yang mengalami kenaikan indeks harga tertinggi adalah Kelompok Transport, Komunikasi, dan Jasa Keuangan 3,88 persen. Angkutan Udara memberi andil terbesar dalam kelompok ini dan kepada inflasi kota,” ujar Nur Wahid- Kepala BPS Kota Balikpapan.

Nur Wahid berujar, dari tujuh kelompok pengeluaran kota Balikpapan pada Desember 2018, empat kelompok yang memberikan andil terhadap inflasi pada bulan tersebut adalah  Kelompok Transport, Komunikasi, dan Jasa Keuangan (3,88 persen), Kelompok Kesehatan (1,02 persen), Kelompok Makanan Jadi, Minuman, Rokok, dan Tembakau (0,39 persen), Kelompok Sandang (0,06 persen), dan Kelompok Perumahan, Air, Listrik, Gas dan Bahan Bakar (0,00 persen).

“Sementara kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks harga adalah Kelompok Pendidikan, Rekreasi, dan Olahraga minus 0,05 persen dan Kelompok Bahan Makanan minus 0,13 persen,” ujarnya menyebutkan.

“Komoditi yang mengalami penurunan indeks harga dan menahan tekanan inflasi dan mengalami penurunan indeks harga yaitu kacang panjang, ketimun dan sawi hijau,” ujarnya menambahkan.

Di regional Kalimantan, sembilan kota yang dipantau inflasinya, Kota Balikpapan menempati posisi kelima.  Kota Tarakan menempati urutan teratas dengan inflasi sebesar 1,6 persen, diikuti oleh Sampit 1,47 persen, Pontianak 1,28 persen, Palangkaraya 1,07 persen dan Balikpapan.

Meski demikian, Inflasi Kota Balikpapan masih berada diatas rata-rata inflasi Kaltim dan inflasi nasional.

“Inflasi Kaltim pada Desember 2018 sebesar 0,54 persen dan nasional 0,62 persen. Balikpapan indeks Harga Konsumennya mencapai 139,03 dengan inflasi Year on year sebesar 3,13,” kata Nur Wahid.

Terpisah, Suharman Tabrani- Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menanggapi terjadinya Deflasi pada sejumlah kelompok pengeluaran. Suharman mengatakan turunnya indeks harga tersebut seiring dengan terjaganya pasokan bahan makanan terutama sejumlah sayuran seperti kacang panjang, ketimun dan sawi hijau serta ikan laut di Balikpapan.

Sebagai upaya pengendalian inflasi daerah, Bank Indonesia Balikpapan bersama Tim Pengendalian Inflasi daerah (TPID) Kota Balikpapan telah mengambil beberapa langkah pengendalian harga yaitu (a) Melakukan pemantauan komoditas secara berkala, (b) High level Meeting TPID Provinsi Kalimantan Timur yang berfokus pada pengendalian harga angkutan udara menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional, (c) Stabilisasi harga melalui Bulog untuk komoditas pangan strategis terutama beras (d) Aktivasi kios penyeimbang untuk memastikan ketersediaan pasokan pada harga yang terkendali, (e) Sidak pasar dengan Satgas Pangan untuk memastikan ketersediaan dan kelancaran pasokan.

“Sejalan dengan hal tersebut, TPID Kabupaten Paser dan Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai daerah hinterland Kota Balikpapan juga telah melakukan High level Meeting untuk mengevaluasi pergerakan harga periode sebelumnya dan mengantisipasi lonjakan harga menjelang natal dan akhir tahun,” kata Suharman.

Suharman menambahkan, ke-depan, terdapat beberapa faktor yang diperkirakan masih akan memberi tekanan inflasi pada awal tahun 2019. Hal tersebut diantaranya penyesuaian harga barang konsumsi dan akomodasi pada awal tahun 2019; dan risiko terhambatnya pasokan tanaman holtikultura menjelang musim hujan di daerah pemasok.

“Faktor masih berlanjutnya penyesuaian kenaikan harga rokok juga diperkirakan akan memberi tekanan terhadap inflasi pada awal 2019 ini,” ujarnya. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme