IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Pemkot Balikpapan Buka Lowongan Direksi Perusda

IDCFM.NET, Balikpapan– Pemerintah Kota

Arzaedy Rahman– Kabag Ekonomi Sekdakot Balikpapan

Balikpapan membuka peluang bagi tenaga profesional untuk menjadi Direktur Perusda Balikpapan. Pendaftaran dibuka mulai 28 Desember 2018 dan 18 Februari 2019 diumumkan.
Kepala Bagian Ekonomi Sekdakot Balikpapan Arzaedy Rahman saat ini pemerintah kota hanya menyediakan satu lowongan yaitu untuk posisi Direktur Operasional. Direktur Perusda ini diharapkan mampu menjadi top manager pada sejumlah proyek di kota ini.
Sementara posisi Diretur Utama Perusda Balikpapan, masih dijabat oleh Poerba Widjaja. Poerba Widjaja menjabat selama dua periode.
“Baru Direktur Operasional saja yang dibuka. Nanti setiap infrastruktur dibuat holding-holding yang bisa diawasi kepada bagian. Misalnya untuk pengelola KIK, coastal road, Jargas, real estate, ini kan korbisnis berbeda. Kita mengacu hematstruktur kaya fungsi. Ini salahsatunya untuk menyesuaikan keuangan Perusda,” ujar Arzaedy pada Kamis (27/12/2018).
Mekanisme strukturalisasi kepemimpinan Perusda Balikpapan yang bagian dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), kata Arzaedy, mengacu pada Peraturan Pemerintah mengenai periodenisasi nomor 54 tahun 2017 dan Permendagri nomor 37 tahun 2018. Aturan ini juga diperkuat oleh Perda Balikpapan mengenai periodenisasi yang berlaku sejak Agustus 2018.
“Diperintahkan untuk mengatur rekrutmern direksi anggota dewan pengawas dan komisaris. Permendagri 37 2018 tentang rekrutmen direksi anggopta dewan pengawas. Atas dasar ini kami umumkan perekrutan direksi,” ujarnya.
Dikatakan Arzaedy, struktur jajaran direksi perusda berbeda dengan PDAM yang memiliki empat Direksi yaitu satu Direktur Utama dan tiga direktur bagian. Di Perusda Balikpapan perampingan dilakukan mengingat beban kerja direksi Perusda berdasarkan kemampuan infrastruktur. Dimana kepala bagian di struktur pemerintahan kota Balikpapan melaporkan langsung kegiatannya kepada direktur.
Adapun kriteria calon Direktur Operasional Perusda Balikpapan diantaranya domisili Balikpapan; pendidikan terakhir strata satu; pengalaman di bidang managerial memimpin kelompok kerja minimal lima tahun; tidak berstatus pengurus partai politik, calon legislatif dan tidak pernah mencalonkan sebagai kepala daerah.
“Untuk direksi usia saat mendaftar adalah 55 tahun. Untuk dewan pengawas ini belum kami rekrut, masih dalam perbaikan mekanisme. Hanya saja berdasarkan ketentuan satu direksi satu dewan pengawas,” kata Arzaedy. (Imy)

3 Comments

Add a Comment
  1. Untuk pendaftaran dan ketemuan lain yg bagaimana

  2. Saya berminat untuk melamar diperusda balikpapan..saya pernah menjabat direktur teknik dan operasional diperusda kelistrikan dan sumber daya energy kabupaten kutai kartanegara masa jabatan thn 2008- 2012.mohon kirannya saya mendapatkan petunjuk untuk bisa mendaftar diperusda balikpapan. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih banyak..

    Regards

    Muhammad alfian

  3. Saya berminat untuk ikut seleksi direktur operasional perusda balikpapan.pengalaman saya pernah menjabat sebagai direksi teknik dan operasional diperusda kelistrikan dan sumber daya energy kabupaten kutai kartanegara dengan masa jabatan 2008-2012.mohon kiranya saya mendapatkan petunjuk untuk seleksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme