IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Pembelaan KPPU Terkait Turunnya Laporan Persaingan Usaha Dari Masyarakat

Abdul Hakim Pasaribu- Ketua KPD KPPU Balikpapan

IDCFM.NET, Balikpapan—Kantor Perwakilan Daerah (KPD) Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mencatat terjadi penurunan angka lapor di  wilayahkerjanya pada tahun 2018. Berdasarkan data yang ada hingga pertengahan Desember 2018, laporan yang masuk sebanyak tujuh kasus. Angka ini lebih rendah dibandingkan laporan yang diterima sepanjang tahun 2017 sebanyak 12 kasus.

“Turun mungkin ini masyarakat pingin kalau lapor berharap bisa membatalkan tender. Padahal KPPU tidak punya wewenang batalkan. Proses juga tidak pendek. Dari laporan 10 hari penyelidikan. Belum lagi putus persidangan bisa lima bulan. Mungkin ini masyarakat pikir tidak ada dampaknya kesaya kalau melapor,” ujar Abdul Hakim Pasaribu- Ketua KPD KPPU Balikpapan pada Jumat (21/12/2018).

Tahun 2018 dari tujuh kasus yang masuk, hanya satu yang merupakan inisiatif dari KPPU. selebihnya merupakan laporan dari masyarakat dan dari penyelidikan.

Menyikapi turunnya kinerja, komisi ini kedepan mengandalkan inisiatif dengan memantau berita seputar persaingan usaha melalui media lokal dan Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Tahun 2019 diharapkan terjadi peningkatan kinerja sebesar 10 persen dibanding saat ini. Target tersebut dinilai realistis mengingat kondisi negara saat ini.

“Jangan terlalu tinggi targetnya. Karena dari segi jumlah tidak memungkinkan, anggaran kami juga tidak mampu. Kedepan kami menggerakkan inisiatif tadi. Kita jemput bola. Dengan media, LPSE dan sosialisasi di perguruan tinggi. Itu akan menjadi sumber informasi tentang persaingan usaha,” ujarnya.

Selain menggerakan inisiatif, komisi ini juga agendakan pertemuan dengan gubernur Kalimantan Timur (Kaltim). Pertemuan itu bertujuan untuk mensinergikan program pemerintah daerah dengan KPD KPPU tentang dinamika ekonomi di wilayah kerja.

KPPU juga terlibat dalam Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Balikpapan dalam satuan tugas (satgas) pangan. Disini, KPPU mendalami kasus kenaikan sejumlah komoditi pangan dan mencegah persaingan tidak sehat dalam pasar.

“Kami terlibat di TPID bagian Satgas pangan. Misalnya kasus telur bisa didalami apakah akibat pasokan, persaingan tidak sehat atau karena sisi lain. Dari pencegahan banyak koordinasi dengan bagian hukum dan ekonomi agar tidak bertentangan dengan undang-undang,” ujarnya. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme