IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Selama 7 Tahun Terakhir, Turki Beri Kewarganegaraan pada 55.000 Muhajirin Suriah

ANKARA, Jum’at (Turkish Minute): Sekitar 55.000 orang keturunan Suriah telah diberikan kewarganegaraan Turki selama tujuh tahun terakhir. Hal itu diungkapkan wakil dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) pada Selasa lalu.

Foto: Situs Nomad Capitalist

Wakil AKP Antalya, Atay Uslu, dalam pidatonya di Parlemen Turki, membantah laporan mengenai tujuan Turki memberikan kewarganegaraan kepada sekitar 3,5 juta Muhajirin Suriah yang mengungsi ke Turki karena perang sipil yang sedang berlangsung di negara mereka sejak 2011.

Uslu menyatakan 55.000 Muhajirin Suriah –lebih dari 20.000 dari mereka adalah anak-anak– telah mendapatkan kewarganegaraan Turki selama tujuh tahun terakhir. Ia menjelaskan bahwa 10.000 dari anak-anak itu secara otomatis memperoleh kewarganegaraan karena mereka lahir dalam pernikahan antara warga Turki dan Suriah.

“Jumlah warga Suriah yang menjadi warga negara Turki sejauh ini sekitar satu persen (dari seluruh populasi Muhajirin Suriah di Turki),” ungkap Uslu. Ia juga menjelaskan bahwa Muhajirin Suriah merupakan subyek dari kriteria yang sama sebagai orang dari negara lain yang ingin memperoleh kewarganegaraan Turki.

Dalam pidatonya tahun lalu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan Kementerian Dalam Negeri Turki berupaya memberikan kewarganegaraan kepada warga Suriah –yang berlindung di Turki karena perang sipil di negara mereka– dengan kualifikasi tertentu.

Erdogan menyatakan, Turki menyambut lebih dari tiga juta Muhajirin Suriah dan Irak, serta menegaskan bahwa warga Turki memperlakukan mereka dengan keramahtamahan dan rasa persaudaraan.

sahabatalaqsha.com

Updated: November 16, 2018 — 2:06 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme