IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

JNE Dukung Perkembangan UMKM di Balikpapan

IDCFM.NET, Balikpapan–Perusahaan jasa pengiriman, JNE menyatakan komitmen dukung perkembangan ekonomi kreatif di wilayah operasionalnya. Bentuk dukungan tersebut adalah dengan rutin melakukan pelatihan dan memfasilitasi produk UMKM untuk mengikuti pameran nasional dan internasional.
Perusahaan jasa kurir dan logistik ini rutin menggelar acara KOPIWRITING setiap tahunnya dengan mengundang UMKM, Blogger dan media. Di Balikpapan, KOPIWRITING pada tahun 2018 ini mengusung tema “Peran Infrastruktur dalam Memajukan Industri Kreatif”. Acara ini diikuti 40 an pelaku UMKM dan blooger, bertempat Hotel Blue Sky pada Kamis (25/10/2018) sore.
“Industri kecil kita dorong ekonomi kreatifnya untuk keluar kota. Kita selalu edukasi semua daerah ayo produk lokalnya. Makanya kita ada pelatihan, packaging dan trading online,” ujar Mayland Hendar Prasetyo- Jead of Marketing Communication Division JNE kepada wartawan disela acara KOPIWRITING.
Di Balikpapan JNE memiliki 56 titik layanan dengan jumlah pekerja 230 orang, menyebar sampai dengan tingkat kecamatan. Peningkatan jumlah kiriman JNE Balikpapan mencapai 10 persen- 20 persen tiap tahun.
“Pertumbuhan ini juga didorong e-commerce yang ditunjang oleh para pelaku UKM,” katanya.
Mayland mengatakan perusahaan jasa pengiriman ini tidak menaikkan tarif dalam lima tahun terakhir. Meski demikian secara nasional pertumbuhan JNE setiap tahun mencapai 30 persen. Dalam satu bulan, katanya, pengiriman barang melalui 6000 outlet yang ada mencapai 20 juta transaksi. Transakai pengiriman didominasi oleh pelaku UMKM.
Tingginya angka transaksi ini menempatkan JNE menjadi perusahaan jasa pengiriman terbesar kedua, setelah PT Pos Indonesia.
“Kalau dibilang mengurangi margin karena tidak menaikkan tarif, tidak. Karena quantity kita juga nambah. Online marketing saat ini mencapai 40 persen,” katanya.
“Saat ini 70 persen pengguna jasa kita adalah UMKM. Selebihnya ritel dan korporasi,” ujarnya lagi.
Dalam mengatasi berbagai tantangan, JNE menjalankan strategi dalam pendistribusian. JNE juga terus mengembangkan kapabilitas perusahaan seperti infrastruktur, jaringan dan IT agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan setia. Langkah-langkah tersebut diantaranya menyediakan produk layanan intracity empat jam serta Intracity COD untuk paket-paket dari dan tujuan di dalam kota.
” Selain itu ada JNE Trucking yang dapat meminimalisir biaya pengiriman untuk seluruh paket dengan berat minimum 10 kg. Misalnya ada UKM ingin mengirim paket 10 kg dari Balikpapan ke Jakarta. Kalau JNE Reguler tarif pengirimannya 270 ribu. Sedangkan JNE Trucking hanya 115 ribu,” kata Mayland.
Sementara itu, Doortje Marpaung- Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Balikpapan berujar, pemerintah tengah melakukan pembangunan infastruktur, salahsatunya pembangunan jalan tol Balikpapan- Samarinda. Dengan adanya pembangunan infrastruktur tersebut, akan semakin membuka potensi UMKM yang ada di wilayah Balikpapan.
Pembangunan infrastruktur ini, kata Doortje, akan membawa dampak positif. Salahsatunya adalah mendukung pertumbuhan pelaku UMKM setempat.
“Untuk mendukung perkembangan UMKM di Balikpapan, kami bersinergi dengan para stakeholder setempat untuk melakukan pembinaan dan pelatihan berkait produk, kemasan, marketing dan lainnya. Dengan harapan UMKM di Balikpapan bisa berkembang merata dan variatif,” ujar Doortje. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme