IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Berdayakan Gedung Parkir Menjadi Sentra Ekonomi Kreatif

Gedung Klandasan

 

IDCFM.NET, Balikpapan— Gedung parkir Klandasan di Jalan jendral Sudirman, Balikpapan Kota belum menghasilkan pendapatan bagi daerah. Beberapa usulan bermunculan agar bangunan eks Bioskop Gelora ini tidak mubazir karena sepinya kendaraan yang parkir didalam gedung tersebut.

Balikpapan Creative Economy Forum (BCEF) memandang Gedung parkir Klandasan yang berada di lokasi strategis di pusat kota, berpotensi untuk dijadikan salahsatu tujuan wisata. Untuk itu, forum yang dibentuk pada Januari 2017 ini mengusulkan agar gedung parkir diberdayakan menjadi sentra kegiatan ekonomi kreatif.

“Kita merubah sebutannya dulu dari gedung parkir menjadi gedung klandasan. Karena kalau gedung parkir berarti hanya untuk parkir. Gedung ini juga akan menjadi sentra ekonomi kreatif yang menjadi salah satu tujuan wisata,” ujar Arita Rizal Effendi- Ketua Umum BCEF pada Selasa (16/10/2018).

Arita Rizal Effendi- Ketua Umum BCEF

Kata Arita, usulan ini sebagai bentuk dukungan dari program pemerintah kota yang menargetkan tahun 2019 satu kecamatan satu destinasi wisata. yang mana untuk Balikpapan Kota, destinasi wisata berada di gedung klandasan.

Gedung Klandasan diusulkan menjadi lokasi art exhibition, Coworking Space dan LED Advertising. Untuk mengenalkan kerajinan khas Balikpapan, gedung ini juga dijadikan sebagai sentra industri kriya, kuliner dan oleh-oleh khas Balikpapan. Selain itu diusulkan pada lantai teratas gedung disiapkan teropong agar pengunjung bisa menikmati pemadngan kota Balikpapan dari ketinggian.

“Nanti kita siapkan teropong, kemudian nanti ada mini movie, kemudian juga nanti anak-anak dilatih cara membuat film pendek, membuat aplikasi smartphobe, bisa disana. Saat ini kita ajukan kerjasama dengan Bekraf untuk merealisasikan program ini,” kata Arita antusiasi.

Adapun Taman Bekapai, yang lokasinya bersebelahan dengan gedung parkir klandasan, kata Arita, juga akan ditata sedemikian rupa, agar menarik minat penunjung.

Taman Bekapai dilakukan pemasangan lampion nuansa kearifan lokal, penataan rombong kuliner malam nuansa kearifan lokal dan pemeliharaan fasilitas pengunjung

“Sesuai dengan tujuan dibentuknya BCEF, menciptakan dan menumbuhkembangakan ekonomi kreatif di kota Balikpapan menjadi unggul, mandiri dan berkelanjutan,” ujarnya.

Gedung Parkir Klandasan diresmikan pada Februari 2017, bertepatan pada hari jadi kota Balikpapan. Gedung ini terdiri dari delapan lantai dengan dana pembangunan sebesar Rp. 98 miliar Gedung ini berkapasitas tampung 400 sepeda motor dan 600 mobil.

Sempat mencuat usulan dari sejumlah lapisan masyarakat antaralain agar dibangun perkantoran, sentra penjualan produk UMKM dan arena olahraga bowling, dengan harapan gedung parkir ini tidak lagi sepi. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme