IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Pertikawan Regional Kalimantan Diisi Aksi Sosial Tanam Bambu di Waduk Teritip

IDCFM.NET, Balikpapan— Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelengarakan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) Regional Kalimantan bertempat Pantai Lamaru, Balikpapan Timur pada sembilan Oktober 2018 sampai dengan 13 Oktober 2018. Kegiatan ini diikuti sekitar 563 peserta Pramuka Penegak dan Pandega perwakilan dari lima provinsi Kalimantan selama lima hari.

Tri Bangun Laksana- PLT P3E Kalimantan

Drs. Tri Bangun Laksana- PLT Kepala Pusat Pengendalian dan Pembangunan Ekoregion (P3E) Kalimantan mengatakan melalui kegiatan Pertikawan tingkat regional Kalimantan yang diselenggarakan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Kalimantan (P3E) Kalimantan bersama UPT KLHK se-kalimantan, kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Timur dan Dewan Kwartir Daerah (DKD), mendorong generasi muda Pramuka akan menjadi Pioneer dan tauladan yang menerapkan prinsip ramah lingkungan.

“Melalui pelaksanaan momentum Pertikawan diharapkan menambah semangat generasi muda untuk memperbaiki diri dan berperilaku adil terhadap lingkungan dan Kehutanan yang dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Sony- sapaan akrab Tri Bangun Laksana.

Sony mengatakan pelaksanaan kegiatan diisi dengan diantaranya pendalaman di bidang lingkungan hidup( Krida Saka Kalpataru) dan Krida Saka Wanabakti (kehutanan), kegiatan keterampilan, kegiatan peningkatan wawasan, kegiatan Bakti fisik masyarakat, jumpa tokoh, kegiatan wisata, kegiatan khusus dan giat prestasi atau perlombaan.

Selain dengan berbagai kegiatan perkemahan Pertikawan regional Kalimantan 2018 juga melaksanakan penanaman bambu di Daerah Tangkapan Air (DTA) Waduk teritip Kecamatan Balikpapan Timur. Latar belakang dilaksanakannya kegiatan penanaman bambu di DTA Waduk teritip karena waduk teritip yang segera dioperasikan akan memiliki manfaat yang vital bagi kota antara lain mengendalikan banjir, supply kebutuhan air baku serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Luas lahan penanaman bambu mencapai kurang lebih lima hektar dengan jumlah 150 batang per hektar. Jenis bambu yang ditanam yaitu Ampel, Petung, India dan kuning. Kegiatan penanaman ini kerjasama P3E Kalimantan dengan PT Pertamina Persero RU V dan BWS Kalimantan III Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” katanya.

Dikatakan Sony, penanaman ini dibagi dalam tiga tahap yaitu pra-Pertikawan 1,8 hektar; Pertikawan 1,8 hektar dan Paska Pertikawan 1,4 hektar. Adapun untuk tahap satu Pertikawan sudah tertanam 262 batang tahap.

“Tahap dua dalam Pertikawan ini dialokasikan 217 lubang. Nanti tahap tiga merupakan sisanya,” ujar Sony.

Penanaman bambu ini, kata Sony, akan menjadi bentuk nyata yang sangat monumental dan bermanfaat bagi penyediaan air bersih untuk masyarakat kota dalam perkemahan bakti saka kalpataru dan saka wanabakti regional tahun 2018.

“Generasi muda harus mempunyai tekad bersama untuk menjaga lingkungan dan hutan alam yang terjaga akan memberikan fungsi dan manfaat kepada seluruh umat manusia,” ujarnya. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme