IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Jemaah Haji Indonesia Juga Upacara HUT RI loh..

Suasana usai upacara HUT ke-73 RI di Madinah. (Foto: Irhamna)

IDCFM, Madinah— Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) 2018/ 1439 Hijriah mengajak jemaah haji asal Indonesia yang kini berada di tanah suci, untuk menyempatkan waktu melaksanakan upacara HUT ke-73 RI. Kegiatan upacara dilakukan di pelataran hotel tempat Jemaah menginap dari masing-masing daerah asal.
Salahsatunya Jemaah haji asal Indonesia yang menginap di Sakab Al- Baraka Hotel, Madinah. Upacara berjalan selama satu jam, berlangsung dengan hikmat dan dalam pengawasan ketat oleh aparat kepolisian Arab Saudi. Terdapat 15 warga negara arab yang juga turut berpartisipasi sebagai peserta dalam upacara tersebut.
“Upacaranya sebentar saja, dari setengah enam sampai setengah delapan pagi waktu Arab Saudi,” ujar Irhamna, Muthawif (pembimbing ibadah haji) kepada IDC FM pada Jumat (17/08/2018) siang waktu Indonesia.
Tidak ada sambutan secara khusus yang berisi tentang sejarah para pejuang untuk membebaskan negara Indonesia dari penjajah. Kata pria asal Balikpapan ini, upacara satu jam diisi dengan pekikan “merdeka” menyanyikan lagu Indonesia Raya dan bersholawat dan pengibaran bendera merah putih oleh seluruh peserta upacara.
“Berjalan hikmat dan tidak terlalu lama. Karena disini aparat meminta tidak boleh buat keributan,” ujarnya lagi.
Lulusan Ma’had Tahfiz Al-Quran Masjid Istiqamah Pertamina Balikpapan ini mengatakan, jemaah saat ini masih melakukan rutinitas ibadah seperti biasa, sambil menunggu tahapan prosesi ibadah haji yang akan dilaksanakan pada 19 Agustus ini.
Mengingat suhu udara Arab Saudi yang mencapai 48 derajat celcius, ia berpesan agar jemaah untuk mengurangi aktivitas dan lebih memilih beribadah di dalam hotel. Jemaah juga diminta untuk memperbanyak konsumsi air putih dan menyiapkan obat-obatan yang sekiranya diperlukan selama berada di Arafah, Mudzaliffah dan Mina.
“Jangan paksakan tubuh, perbanyak ibadah di kamar hotel saja. Jangan terpapar langsung matahari dan lebih banyak konsumsu air mineral,” pesannya.
“Pastikan tubuhnya mulai H minus satu sudah fit dan siap untuk melawan iklim padatnya penduduk, kemacetan dan cobaan lain selama prosesi ibadah haji,” tambah Irhamna.
Sementara itu, salah satu jemaah haji asal Balikpapan bernama Keni yang berada di Mekah, mengaku rombongannya tidak melakukan aksi peringatan HUT Kemerdekaan.
“Rombongan kami tidak ada. Ga tau kalau rombongan lain. Kami diminta untuk kurangi aktivitas agar fit saat pelaksanaan puncak ibadah,” ujarnya kepada IDC FM. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme