Radio IDCFM

Radio Jurnalistik Dakwah Balikpapan

1250 Rumah Masuk Pilot Project Layanan Sedot Tinja

sedot tinjaBalikpapan  РSebanyak 1.250 rumah di Kelurahan Gunung Bahagia dan Sepinggan Baru, Balikpapan Selatan akan menjadi pilot project Layanan Lumpur Tinja Terjadwal atau L2T2 PDAM Balikpapan rencananya akan mulai dilaksanakan pada April 2017 ini.

Direktur Utama PDAM Kota Balikpapan Haidir mengatakan, PDAM Kota Balikpapan secara resmi telah ditunjuk Pemerintah Kota sebagai BUMD yang menjadi operator program penyedotan tinja karena warga yang akan menjadi peserta adalah pelanggan PDAM, sehingga lebih mudah dalam pengaturan jadwalnya.

Menurut Haidir, program ini merupakan program nasional yang akan dilaksanakan Pemkot Balikpapan untuk meningkatkan kualitas sanitasi masyarakat, yang  selama ini belum dikelola dengan baik sehingga dapat menimbulkan dampak pencemaran lingkungan.

Haidir menjelaskan, dalam program ini, PDAM akan membuat jadwal berdasarkan daftar pelanggan , setiap rumah rumah akan dilakukan penyedotan tinja secara gratis sekali satu tahun .

“Kami akan lakukan penjadwalan, sehingga masyarakat tidak menunggu sampai penuh, baru dilakukan penyedotan,” kata Haidir.

Seperti diketahui, untuk mendukung rencana Program Sanitasi Terpadu, Pemkot Balikpapan sudah memiliki payung hukum berupa Perda Sanitasi yang disahkan pada 2016 .

Dalam Perda tersebut setiap pelanggan PDAM dikenakan besaran iuran yang harus dibayarkan setiap bulan yakni sebesar 9500 rupiah yang dibayar selama empat tahun.

(Muhammad maulana)

Updated: March 14, 2017 — 6:52 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme