Radio IDCFM

Radio Jurnalistik Dakwah Balikpapan

Pemkot Balikpapan Bekukan 145 Koperasi

dortjeBalikpapan- Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan menghentikan operasional 145 koperasi berdasarkan keputusan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Kepada IDCFM.net, Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan, Dortje Marpaung mengatakan bahwa pembubaran koperasi dilakukan terhadap koperasi yang tidak aktif termasuk upaya pendataan dan penataan ulang terhadap keaktifan koperasi yang ada di kota minyak.

Pembubaran ini lanjutnya juga sebagai eksekusi program reformasi koperasi secara total di antaranya terhadap koperasi yang tidak melaksanakan rapat anggota tahunan tiga tahun berturut-turut dan tidak melaksanakan kegiatan usahanya.

Menurut Dortje di kota balikpapan terdapat 145 koperasi yang termasuk dalam daftar koperasi yang telah dibubarkan setelah pihaknya melakukan survei revitalisasi koperasi ke lapangan dan membuat surat pengumuman ke tiap kelurahan dan kecamatan terkait hal ini.

“kalo ada yang keberatan dengan penghentian ini bisa kok mengajukan keberatan,” tambah Dortje.

Di mana sesuai surat edaran dari pemerintah pusat para pengurus koperasi yang merasa menolak penghentian kegiatan operasional mereka bisa mengajukan keberatan paling lambat 6 bulan terhitung sejak keputusan pembubaran koperasi ditetapkan.

Pengajuan keberatan dapat disampaikan kepada Menteri Koperasi dan UKM melalui deputi bidang kelembagaan serta Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan. (zha)

Updated: March 9, 2017 — 7:02 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme