Radio IDCFM

Radio Jurnalistik Dakwah Balikpapan

Deklarasi Pemagangan Dalam Negeri: Salurkan Dana CSR Untuk Pemagangan

 

Balikpapan (idcfm.net)—Dalam rangka persiapan Deklarasi Pemagangan Dalam Negeri provinsi Kaltim oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia (Kemenaker RI) lakukan sosialisasi kepada puluhan perusahaan di Balikpapan pada Kamis (09/03/2017) pagi.

Dalam pemaparannya, Ade Syaefudin selaku Plt Kasubdit Perizinan dan Advokasi Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Direktorat Bina Pemagangan Kemenaker RI mengatakan kegiatan deklarasi ini sesuai peraturan Menaker Nomor 36 Tahun 2016 tentang penyelenggara pemagangan.

“Target kita bukan tekan angka pengangguran namun sebagai penegasan untuk peningkatan kompetensi pencari kerja. Dalam deklarasi ini kami target 171 ribu peserta se Indonesia, untuk kaltim kami harapkan bisa 20 ribu peserta. Kita dorong perusahaan agar ada gerakan masif,” ujarnya.

Dengan dideklarasikannya pemagangan dalam negeri diharapkan menjadi jembatan agar pencaker bisa masuk ke dunia industri dan bisa disertifikasi secara nasional. Ia juga mengusulkan agar biaya upah tenaga magang ini diambil melalui dana CSR, agar tidak terlalu membebani keuangan perusahaan.

“CSR tidak haram disalurkan untuk pemagangan. Ibaratnya udah ga jamannya diberi nasi bungkus, tapi latih mereka membuat nasi bungkus,” ujar Ade menekankan.

Deklarasi Pemagangan Dalam Negeri Provinsi Kaltim ini direncanakan 16 Maret 2017 dan berpusat di Balikpapan. Dipilihnya Balikpapan sebagai tuan rumah dengan pertimbangan kinerja pemerintah kota dalam kegiatan pemagangan mendapat nilai positif.

Ade juga mengatakan seiring dengan dideklarasikannya program pemagangan ini akan ada aturan tertulis bagi perusahaan yang melakukan pemagangan. Diantaranya berupa kurikulum silabus, format perjanjian dan instrument terkait lainnya.

“Lamanya masa magang ini variatif tergantung jabatan. Misalnya operator excavator magang tiga bulan, sementara operator crane bisa sampai enam bulan. Beda-beda,” ujarnya lagi.

Tirta Dewi, Kepala Dinas Tenaga kerja Kota Balikpapan menyebutkan saat ini 150 perusahaan menyatakan siap ikuti program ini. Menurutnya selama ini sebagian perusahaan telah merekrut pegawai magang, namun tidak melaporkannya ke Disnaker.

“Target awal dari 10 kabupaten kota bisa 1000 perusahaan atau satu kota menyertakan 100. Tetapi kita sudah sampai 150. Rata-rata yang melaksanakannya kategori perusahaan sedang dan besar,” sebutnya.

Tirta mengatakan pihaknya menetapkan tiga lokasi alternative untuk kegiatan deklarasi, yaitu Gedung Dome, Lapangan Merdeka dan PT Eka Darma di KM 13 Karang Joang. Tiga lokasi alternative ini diserahkan ke kepada sekretaris cabinet dengan perantara Kemenaker RI.

“Lokasi indoor DOME, lokasi terbuka outdoor dan Eka Darma di KM 13. Dengan pertimbangan jika jokowi ingin ke tol dekat,” terang Tirta.

“Tanggal 16 itu masih tentative artinya bisa berubahs ewaktu waktu. Tergantung dari kesiapan kabupaten kota dalam memetakan perusahaan yang ikut deklarasi pemagangan dalam negeri,” pungkasnya. (Imy)

Updated: March 9, 2017 — 8:56 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme