Radio IDCFM

Radio Jurnalistik Dakwah Balikpapan

Disdik Libatkan PT dalam UNBK

MuhaiminBalikpapan- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan melibatkan sejumlah perguruan tinggi dalam membantu pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP sederajat di tahun ini.

Keterlibatan perguruan tinggi tersebut, kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan Muhaimin untuk membantu sekolah-sekolah terdekat yang belum memiliki fasilitas komputer agar tetap mengikuti ujian nasional berbasis computer.

Salah satunya Politeknik Negeri Balikpapan yang sudah bersedia meminjamkan perangkat komputer untuk pelaksanaan unbk tingkat SMP di Balikpapan Utara.

“Poltekba sudah siap bantu SMP yang berada di wilayah utara jika belum siap UNBK pada bulan Mei mendatang,” terang Muhaimin kepada IDCFM.net.

Untuk pelaksanaan teknis di lapangan lanjutnya diperkirakan tidak akan mengalami masalah karena sudah 3 tahun terakhir UNBK dilaksanakan di Balikpapan. Sehingga pihak sekolah sudahmendapatkan sosialisasi dan pendampingan dari dinas pendidikan dalam persiapan penyelenggaraan.

Menurut Muhaimin secara prosentase persiapan pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer di balikpapan sudah mencapai 90% persen dan saat ini para siswa tingkat SMP serta SMA sedang mengikuti simulasi dan pra UN. Termasuk menunggu kepastian dari pihak PLN dan Telkom terkait jaminan tidak ada gangguan internet dan listrik selama UNBK berlangsung.

Muhaimin menambahkan pihaknya juga sudah meminta setiap sekolah menyediakan genset untuk mengantisipasi jika ada pemadaman listrik di hari-hari pelaksanaan UN.

Adapun berdasarkan data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, jumlah sekolah tingkat SMP yang mengikuti UNBK mencapai 81 sekolah dan 22 di antaranya merupakan sekolah negeri. (zha)

Updated: March 7, 2017 — 7:18 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme