Radio IDCFM

Radio Jurnalistik Dakwah Balikpapan

Menuju Harmonisasi SMK3

IMG_20170304_094254

Kepala Disnaker Kota Balikpapan Tirta Dewi (Tengah) serahkan cendramata kepada empat pembicara dalam seminar nasional K3 di Hotel Platinum Balikpapan pada Sabtu ()4/03/2017). (Foto: Imay/ IDC Network)

 

Balikpapan (idcfm.net) – Panitia Bulan K3 2017 Kota Balikpapan menggelar seminar dengan mengundang sekitar 200 an perusahaan, akademisi dan praktisi yang berdomisili di Balikpapan. Seminar ini mengangkat tema Harmonisasi Sertifikasi Personel, Peralatan dan SMK 3 di berbagai sektor industri dalam menghadapi MEA dan persaingan global.

Ketua panitia bulan K3 2017 Kota Balikpapan, Ir. Isradi Zainal mengatakan pihaknya mengindikasi adanya kesenjangan antara perusahaan satu dan lainnya tidak mendapatkan pengakuan sehingga melalui seminar ini masing-masing perusahaan saling mengakui satu sama lain, agar mampu bersaing ke luar dan mendapat pengakuan.

“Namanya sertifikasi, SDM yang hebat harus dapat pengakuan satu sama lain supaya bisa bersaing keluar. Kita bicara siapa yang berperanan dan apa yang kita lakukan. Semua praktisi, akademisi, perusahaan di Balikpapan kita undang dalam sosialisasi ini,” ujarnya kepada wartawan disela kegiatan sosialisasi bertempat Hotel Platinum Balikpapan pada Sabtu (04/03/2017) pagi.

Pria yang juga menjabat sebagai  Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa K3 (APJK3) Nasional ini mengatakan saat ini perusahaan lebih banyak merekrut SDM bidang K3 umum, khususnya perusahaan bidang migas. Ia menegaskan sistem K3 adalah wajib dimiliki tiap perusahaan.

“Targetnya kita dapat rumusan tentang bagaimana menjadikan SDM terserfifikasi atau mengakui antar instansi. Kita buat rumusan yang baku supaya ga ada bertanya ini wewenang siapa.Supaya berjalan mampu hadapi persaingan globa,” ujarnya lagi.

Sementara itu Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan penerapan manajemen K3 cukup penting, terutama menghadapi pasar bebas.menurut rizal perusahaan yang beroperasi di Balikpapan secara teknis cukup memahami teknik persoalan K3, tinggal bagaimana pelaksanaanya di lapangan.

“Sistem Manajemen K3 adalah salah satu investasi besar agar perusahaan tersebut tetap berdiri. Jangan hanya seminar tetapi diimplementasikan di tempat kerja. Di Balikpapan ini sudah ada universitas yang menyediakan kuliah jurusan K3. Silakan jika ingin menambah profesionalitasnya,” imbuh Rizal. (imy)

Updated: March 6, 2017 — 8:51 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme