IDCFM.NET

Portal Berita Online Radio IDC 89.5 FM

Cuaca Masih Menjadi Faktor Terhambatnya Distribusi Pangan

Penajam-Kondisi cuaca masih mempengaruhi fluktuasi harga kebutuhan pokok di Kabupaten Penajam Paser Utara , dalam beberapa pekan terakhir. Kondisi tersebut menyebabkan terhambatnya pasokan barang dari berbagai daerah seperti Sulawesi dan Jawa.

“Bulan Agustus ini kita ketahui terjadi angin selatan di Selat Makassar yang mengakibatkan distribusi bahan kebutuhan pokok “, kata Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Disperindakop Kabupaten Penajam Paser Utara Rusli.

Berdasarkan monitoring yang Disperindakop lakukan, harga sejumlah komoditi pangan masih stabil di angka tertinggi atau sama seperti lebaran lalu. Bahkan, harga komoditi bawang dan sayur sayuran mengalami kenaikan dalam beberapa pekan terakhir.

“Harga bawang saat ini mencapai 45 sampai 50 ribu rupiah dari sebelumnya sebesar 35 ribu rupiah perkilogramnya” tutur Rusli.

Tingginya harga tidak hanya terjadi pada komoditas sayur sayuran, daging yang pada lebaran lalu harganya dikisaran 120 ribu rupiah,saat ini belum menunjukan tanda tanda untuk menurun.Kondisi ini menurut Rusli, akibat faktor angin selatan yang menghambat jalur distribusi dari pulau Jawa maupun Sulawesi.

Untuk menekan tingginya harga kebutuhan pokok dipasaran, pihaknya masih menuggu instruksi dari pemerintah pusat dengan menggelar operasi pasar secara berkesinambungan. Namun,upaya tersebut hingga kini masih terkendala masalah anggaran.

“Kondisi anggaran kita saat ini sangat defisit baik dipusat maupun daerah,sehingga operasi pasar belum bisa dilakukan”,jelasnya.

Meski demikian pihaknya berharap,kenaikan harga tidak terus terjadi hingga perayaan Idul Adha mendatang. Sehingga masyarakat PPU dapat menikmati hari raya Qurban,tanpa adanya kekhawatiran terhadap naiknya harga kebutuhan pokok. (Yud)

Updated: September 17, 2018 — 4:42 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio IDCFM © 2018 Frontier Theme