Wawali Minta Perusda Kendalikan Inflasi

Balikpapan (idcfm.net)—Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud meminta Perusahaan Daerah (Perusda) berperan aktif melakukan pendalikan inflasi. Ia memerintahkan agar Perusda di Balikpapan menjalin kerjasama dengan Perusda Sulawesi, khususnya dari segi pasokan pangan.

rahmad masud

Wakil Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud.

Dikatakan Rahmad sebagian besar kebutuhan pokok warga Balikpapan dipasok dari Sulawesi. Dengan demikian, ketika harga kebutuhan pokok dari Sulawesi tinggi, otomatis harga jual ke Balikpapan pun juga tinggi. Sehingga perlu dicarikan jalan keluar, salahsatunya dengan bekerjasama dengan Perusda Sulawesi.

Ia menuturkan, kerjasama daerah ini untuk mengurangi spekulan, dan tengkulak agar tidak memainkan harga. Untuk mendukung itu, pemkot juga harus kordinasi dan meningkatkan kerjasama dengan pelindo dalam upaya memperiotaskan kedatangan kapal-kapal sembako ini. Selain itu bisa saja pemkot memiliki pelabuhan khusus sembako.

“Itu yang saya tau disitu dunia pelabuhan pengangkutan besarnya biaya tergantung biaya di pelabuhan. Kalau kerjasama dengan Perusda Sulawesi, mungkin bisa dikendalikan. Khususnya beras, sapi dan sembako,” terang Rahmad.

Pengusaha galangan kapal ini menilai mahalnya harga-harga kebutuhan di Balikpapan tidak lepas dari biaya transportasi dan biaya pelabuhan yang pada akhirnya dibebankan kepada masyarakat, meskipun sekarang ini harga BBM sudah jauh lebih murah.

“Dengan kerjasama ini saya yakin bisa kurangi harga 20-30 persen,” sebutnya

Ditambahkan Rahmad, rencana tersebut dalam tahap pembicaraan dan diharapkan segera terealisasi. Namun ia menilai Pemerintah Daerah Sulawesi bersedia kerjasama dengan Pemkot Balikpapan dalam hal ketersediaan bahan pokok di masyarakat.

“Saat pelantikan kami Gubernur Sulbar, dan para bupati Sulawesi datang. Ini bentuk komitmen mereka antusias bahwa ingin jalin kerjasama dengan kita,” ujarnya lagi. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini