Triwulan I, Realisasi Serapan Anggaran Belanja Langsung Keuangan Pemkab Kutim Baru 2,28 Persen dan Fisik 1,69 Persen

IMG20170515095158Sangatta – Hingga akhir triwulan pertama tahun ini, pemerintah Kutai Timur baru merealisasikan serapan anggaran belanja langsung keuangan sebesar Rp 39,3 miliar lebih atau 2,28 persen. Sementara realisasi belanja fisik baru sebesar 1,69 persen. Nilai ini cukup jauh dari target capaian triwulan pertama tahun ini yang diharapkan mampu menembus 41,10 persen dengan nilai mencapai 747,681 miliar. Selain itu, rendahnya capaian target ini diyakini karena masih ada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kutim yang belum melaporkan relisasi penggunaan dan belanja di masing-masing OPD-nya. Demikian disampaikan Kepala Bagian Pembangunan Setkab Kutim, Poniso Suryo Rengono dalam Rakor Pengendalian Pembangunan Tahun 2017, Senin (15/5), di Ruang Meranti Kantor Bupati Kutim.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kutai Timur, Ismunandar rendahnya capaian target serapan karena menang masih ada sebagian OPD yang belum memasukkan laporan penggunaan anggaran mereka ke bagian pembangunan. Terutama OPD yang serapannya masih dibawah lima persen dan belum melakukan tender proyek. “Hal itu karena sebagian ada belum lapor. Terutama OPD yang progresnya dibawah lima persen. Saya minta agar seluruh OPD melaporkan penggunaan anggaran dan mempercepat proses tender, baik secara lelang maupun penunjukan langsung. Progres lanjutan akan segera dilaporkan kembali setelah dipastikan seluruh OPD telah melaporkan serapan anggaran pada triwulan pertama, nanti”, ujar Ismu.

Tak lupa dirinya juga mengingatkan agar setiap OPD dan pelaksana tender tetap melakukan pengecekan secara teliti terhadap peserta tender. Terlebih diakuinya banyak oknum-oknum yang membawa-bawa nama Bupati untuk memuluskan proses tender. Bahkan dirinya meminta untuk tidak mempercayai oknum yang mengkait-kaitkan dirinya dalam proses penawaran tender. Hal ini agar proses tender proyek dilakukan secara profesional, terbuka dan jujur.(Ibnu Djuraid – idcfm.net)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini