Target dan Program BAZ di Bulan Ramadhan

Balikpapan (idcfm.net)— Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Balikpapan target penghimpunan Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) saat Ramadhan tahun ini menembus angka Rp. 400 juta.
?????????????

Dari kiri: Bendahara BAZ Kota Balikpapan, Ade Hansyah; Ketua BAZ Kota Balikpapan, H. M. Roem Arbain. (Foto: Imay/ IDC Network)

Ketua BAZ Kota Balikpapan, H. M. Roem Arbain menuturkan, berdasarkan pengalaman ditahun-tahun sebelumnya, penghimpunan ZIS di BAZ Kota Balikpapan didominasi PNS yang berjumlah sekitar 4000 Mustahik. Dari jumlah mustahik ini, pihaknya berhasil menghimpun dana zakat mencapai sekitar Rp. 300 juta. sementara sisanya Rp. 100 juta adalah dana kategori infak dan sedekah.

“Kalau rata-rata setiap bulan diluar Ramadan dapat 300 juta. Saat ramadan ada tambahan dana-dana gerakan pak wali akhir ramadhan penyerahan zakat fitrah dan zakat harta. Biasanya dapat 400 juta,” terang Roem.
Sejumlah program kegiatan Ramadan pun telah disiapkan. Kantor yang beralamat Jl. ARS. Muhammad Nomor 6 ini, telah mengalokasikan dana sebesar Rp. 750 juta untuk kegiatan Paket Ceria Mustahik. Sebanyak 1000 Paket Ceria Mustahik ini akan dibagikan kepada yang berhak, dengan masing-masing satu keluarga mendapat paket sembako senilai Rp. 350 ribu.
“Paket Ceria Mustahik ini akan dibagikan kepada 6 kecamatan 34 kelurahan saat ramadan. Kami ada tim sendiri yang meninjau para Mustahik ini. Pantas atau tidak mereka dapat sembako,” tambahnya.
Sementara itu, Bendahara BAZ Kota Balikpapan, Ade Hansyah, menambahkan, BAZ Kota balikpapan memiliki serangkaian program  kegiatan yang rutin dilaksanakan. Yaitu Program Balikpapan Sehat, Balikpapan Takwa, Balikpapan Peduli dan Balikpapan Sejahtera. Secara keseluruhan tahun imi BAZ Kota Balikpapan target penghimpunan ZIS bisa mencapai rp. 6 Miliar, lebih tinggi dari realisasi ditahun 2015 yang sebesar Rp. 5 Miliar.
Ia mencontohkan Paket Ceria Mustahik berupa bantuan korban kebakaran dan santunan kepada panti asuhan adalah bagian program Balikpapan Peduli. Balikpapan  Sehat antara lain membiayai perawatan rumah sakit dan perawatan rutin lainnya, Balikpapan Sejahtera berupa bantuan sembako dan uang bagi orangtua produktif setiap bulan dan terakhir Balikpapan Takwa memberi tunjangan penghasilan guru ngaji, imam masjid dan petugas kebersihan masjid.
“Orangtua produktif masing masing dapat sembako senilai 500 ribu dan uang cash 250 ribu. Biasanya kita salurkan selama 1 tahun dan nanti diseleksi lagi oleh tim kita. Panti Asuhan ada 15 masing masing Rp. 25 juta. Kemudian santunan guru TPA ada 2000 orang dan Imam di 400 Masjid,” sebutnya. (Imy)

 

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini