Target Cetak 10.000 KIA, Disdukcapil Kutim Sasar Perekaman KIA ke Sekolah

Sangatta – Demi memenuhi target pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) sebanyak 10.000 lembar, Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Timur akan segera menyasar sekolah-sekolah, untuk melakukan perekaman KTP anak tersebut.

Kepala Disdukcapil Kutai Timur, Januar Harlian PLA mengatakan, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kutim, pihaknya akan mulai melakukan perekaman foto dan mata guna pembuatan KIA pada sekolah-sekolah. Karena memang sasarannya adalah anak pada umur diatas lima tahun. Sementara bagi anak yang dibawah lima tahun, memang tidak dilakukan foto mata karena dikhawatirkan akan mempengaruhi retina mata anak.

“Kita punya target cetak 10.000 KIA untuk tingkat kabupaten, hal tersebut harus tercapai. Sehingga langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan perekaman identitas anak, walaupun nantinya baru dilakukan di wilayah Kota Sangatta dan sekitarnya. Sementara jadwal melakukan perekaman identitas anak di sekolah-sekolah ini kemungkinan baru akan dilaksanakan usai lebaran nanti”, ujar Januar.

Lanjutnya, dengan telah memiliki KIA ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan anak. Diantaranya, telah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) layaknya orang dewasa yang memiliki KTP. Selain itu, lebih memudahkan dalam pengurusan jaminan sosial dan kesehatan seperti BPJS. Dan yang menjadi target kedepan adalah, dengan telah memiliki KIA maka anak bisa melakukan pengurusan atau membuka rekening tabungan di Bank atas nama pribadinya sendiri. Namun memang untuk bisa memiliki rekening sendiri, pola kerjasama masih akan dikoordinasikan dengan pihak perbankan.(Ibnu Djuraid – idcfm.net)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini