Sensus Ekonomi Dimulai, Walikota Menjadi Responden Pertama

sensus

 

Balikpapan (idcfm.net)— Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Balikpapan melakukan launcing pencacahan perdana kepada rumah tangga Walikota Balikpapan H. Rizal Efendi di kediamannya di rumah jabatan. Dalam pencacahan tersebut BPS menerjunkan tim pencacah yang dipimpin langsung oleh Kepala BPS Kota Balikpapan Nur Wahid, didampingi Ariyanti Cahyaningsih (Kasi Statistik Distribusi sekaligus penanggungjawab kegiatan Sensus Ekonomi untuk wilayah Kota Balikpapan).

“Ariyanti ini sebagai pewawancara serta petugas lapangan di wilayah setempat. Alhamdulillah pak Rizal didampingi ibu Arita menjawab semua pertanyaan yang diajukan secara lancar tentang kegiatan usaha yang dilakukannya,” ujar Nur Wahid.

Mantan Kepala BPS Kabupaten Kutai Barat ini menjelaskan tentang Metode pendataan Sensus yang dilakukan secara door to door untuk mencatat penggunaan dari setiap bangunan fisik/bangunan sensus dan menjaring kemungkinan adanya kegiatan usaha yang dilakukan oleh rumah tangga yang mendiami bangunan tersebut baik yang nampak maupun yang tidak nampak kegiatan usahanya seperti usaha perdagangan keliling, usaha perdagangan online, dan usaha persewaan. Nur Wahid juga memastikan, data responden  akan dijamin kerahasiaannya berdasarkan Undang-Undang nomor 16 tahun 1997 tentang Statistik.

“Pendataan ini semata untuk memperoleh gambaran/peta perekonomian yang terjadi pada saat ini guna menyusun rencana pembangunan ekonomi kedepannya. Tidak ada kaitannya dengan kegiatan apapun atau instansi manapun termasuk pajak,” Imbuhnya.

“Data hasil Sensus Ekonomi dapat juga diakses dan dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk mengenali posisi usahanya guna menyusun sinergi dengan usaha lain atau menyusun strategi dalam pengembangan usaha,” tambahnya.

Terpisah, Walikota Rizal menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016 ini. Ia meminta seluruh jajaran SKPD serta seluruh Camat dan Lurah untuk membantu kelancaran pelaksanaan Sensus. Sehingga data yang ada dapat dipergunakan untuk membantu pemerintah kota dalam menyusun rencana pembangunan ekonomi di Kota Balikpapan.

“Kepada seluruh pelaku usaha agar mendukung pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016 dengan cara memberikan informasi yang benar sesuai kondisi yang sebenarnya kepada petugas sensus. Agar pembangunan ke depan benar-benar tepat arah dan sasarannya sesuai kondisi yang terjadi di lapangan,” pesan Rizal.

Adapun tema Sensus Ekonomi 2016 secara nasional adalah “Menyediakan Informasi untuk Pengembangan Usaha dan Daya Saing Bangsa”. Sensus ini dilakukan selama 1 (satu) bulan penuh di Mei 2016. (Imy)

 

 

 

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini