Rumah Pintar Untuk Warga Karang Joang

ASTRA

Dari kiri: Team Leader Enviroment Anda Social Responsibilty Divisions Astra Internasional Tbk Beny Priyatna; Koordinator Wilayah Group Astra Balikpapan Waharna Sumitra; Header of Relations Divisions PT Astra Internasional Tbk Yulian Warman dan Ketua HUT Wilayah Balikpapan Lindung Karuniawan. (Foto: Imay/ IDC Network)

 

Balikpapan (idcfm.net)—Rumah Pintar Astra yang berada di kawasan Karang Joang Balikpapan Utara akan diresmikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendi  pada Jumat (19/05/2017). Rumah Pintar Astra ini merupakan bagian dari program Astra Group bertajuk Astra Cerdas dengan harapan menjadi sentra pendidikan dan menjadi inspirasi para pelajar dan masyarakat di sekitar kawasan tersebut.

“Sebelumnya kami melakukan survey ternyata di kawasan Karang Joang minat baca cukup tinggi. Istri Walikota ibu Arita juga menyampaikan selama ini anak-anak di sana belajar di balai desa dengan keterbatasan fasilitas,” ujar Koordinator Wilayah Group Astra Balikpapan Waharna Sumitra, dalam jumpa pers di di Kantor PT United Tractors pada Rabu (17/05/2017).

Balikpapan, kata Waharna menjelaskan, merupakan kota ke-20 di Indonesia yang dibangun Rumah Pintar Astra. Rumah Pintar Astra ini berada di area Kampung Berseri Astra (KBA) km. 15. Saat ini fasilitas yang disiapkan antaralain sentra komputer dan 250 buku bacaan. Untuk mengelola Rumah Pintar ini, pihaknya melibatkan guru sukarela setempat.

Bukan hanya sebagai fasilitator, Group Astra Balikpapan kedepan juga ikut membantu pengelolaan agar Rumah Pintar ini ramai pengunjung. Termasuk mengajak 1500 karyawan tetap Astra dari 22 perusahaan yang ada, untuk turut menyumbangkan buku bacaan yang bermanfaat bagi pelajar dan masyarakat setempat.

“Sementara ini 250 buku yang ada merupakan sumbangan dari karyawan astra Balikpapan.beberapa SKPD dan usur lainnya juga tertarik nyumbang ke Rumah Pintar. Nanti kita juga isi program disana seperti bedah buku, keterampilan dan sebagainya agar rumah ini tetap ramai pengunjung,” imbuh Waharna.

Team Leader Enviroment Anda Social Responsibilty Divisions Astra Internasional Tbk Beny Priyatna Kusumah mengatakan, proyek Rumah Pintar Astra adalah satu dari empat pilar CSR Astra.  Adapun peresmian Rumah Pintar Astra adalah salah satu rangkaian kegiatan HUT ke-60 Astra di Balikpapan yang dikemas dalam bentuk Festival Pendidikan.

“Mendikbud RI nanti yang meresmikan langsung rangkaian kegiatan HUT Astra di Hotel Platinum Balikpapan pada 19 Mei. Festival Pendidikan dilakukan di SDN 26 karang Joang dengan target 400 peserta baik dari guru, siswa dan orangtua siswa,” ujar Benny.

“Kegiatannya dalam bentuk berbagai macam lomba seperti lomba sains, lomba ranking satu cepat tepat, lomba mewarnai, pelatihan guru kreatif dan aneka booth komunitas. Kegiatan ini diikuti oleh SD se-Balikpapan,” tambahnya.

Juli anugerah pewarta Astra dan foto Astra. Juli sampai Bobber. Anugrah pewarta Astra ini tulisan yg mengkritisi sesuatu CSR atau bisnis nanti setelah berkumpul sama blogger. Liat dulu KBA Astra untuk bahan tulisan.

Header of Relations Divisions PT Astra Internasional Tbk Yulian Warman menambahkan, rangkaian HUT ke-60 Astra di Balikpapan dilaksanakan mulai 19 Mei – 21 Mei 2017. Selain festival Pendidikan, juga dilaksanakan kegiatan Bincang Inspiratif Pendidikan, Edupreneur Workshop, Astra Fun Run sejauh 6 KM, bersepeda sehat sejauh 10 KM, penanaman pohon di area KBA, membersihkan halte dan pengobatan gratis.

“Kawasan KBA ini kami pilih untuk masyarakat ekonomi rendah. Termasuk membina sektor ekonomi dan lingkungan. Secara nasional KBA sudah ada di 54 kampung dari 20 provinsi. Gubernur kaltim sendiri cukup merespon program kami ini,” tandas Yulian. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini