Rizal Terima Hasil MUI Pusat, Dengan Sejumlah Catatan

Balikpapan (idcfm.net)— Walikota Balikpapan Rizal Effendi dan pemerintah kota akhirnya terima keputusan LP POM MUI Pusat yang menyatakan Bumbu Masakan di Restoran Solaria The Plaza Balikpapan, negatif zat babi.

“Ya kita yakini saja. Kalau misalnya nanti ga benar kan nanggungjawab dosanya MUI Pusat. Karena persoalan bukan tidak sehat, tapi halal dan tidak halal,” terang Rizal pada Selasa (01/12).

Namun, Rizal memberikan beberapa catatan dan masukan, agar dikemudian hari tidak lagi terjadi benturan, antara MUI Kota Balikpapan, LP POM MUI Provinsi dan LP POM MUI Pusat. Rizal meminta agar dibuatkan Standar Operasional Prosedur (SOP) bagaimana jalinan koordinasi antara pusat dan daerah. Ia juga meminta agar disepakati bagaimana metode dalam pengujian sampel makanan agar tidak lagi berbenturan.

positif

Hasil Uji Lab dengan metode Rapid Tes, yang menyatakan Positif

HASIL EDIT

Hasil Uji Lab dengan metode PCR, yang menyatakan Negatif.

Rizal juga meminta Asisten l Sekdakot Balikpapan untuk rutinkan kegiatan sidak dan uji sampel bahan makanan di seluruh restoran dan rumah makan yang ada di Balikpapan secara berkala.

“Bukan hanya Solaria. Saya minta setiap 3 bulan sekali rutin kita cek seluruh rumah makan yang ada. Kita liat perkembangannya,” tegasnya.

“Kasus Solaria ini memberi pengalaman kita ternyata LP POM MUI Pusat tidak ada mekanisme kerja dengan daerah. Sehingga perlu kita standarkan SOP nya,” tambah Rizal.

Sebagaimana diketahui Tim Gabungan Operasional Razia Daging Ilegal, yang beranggotakan LP POM MUI Provinsi, MUI Kota Balikpapan, Dinas Peternakan, Kepolisian dan Pemkot pada Senin (23/11) melakukan uji sampel 8 bumbu masakan di Restoran Solaria, The Plaza Balikpapan. Dengan menggunakan metode Rapid Tes, terbukti 2 diantara bumbu yang ada, positif mengandung babi.

Bumbu yang ada pun selanjutnya di bawa ke LP POM MUI Pusat. Pada Jumat (27/11), LP POM MUI Pusat mengaku telah melakukan uji sampel dengan metode berbeda, yakni metode PCR. Meski dalam kegiatan uji lab tersebut, LP POM Provinsi tidak dilibatkan untuk menyaksikan langsung. Adapun Hasilnya menunjukan perbedaan, bahwa Bumbu masakan di Solaria versi pusat adalah Negatif Babi, alias halal. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini