Ringannya Sangsi Calo dan Taksi Gelap

Balikpapan (idcfm.net)–Sanksi penertiban yang dilakukan kepolisian untuk angkutan tanpa izin dengan menggunakan mobil pribadi atau taksi gelap masih terbilang ringan. Sehingga wajar saja jika taksi gelap masih beroperasi di Bandara Internasional Sepinggan. Termasuk juga calo penjual tiket yang masih berkeliaran disekitar bandara.
Hal ini disayangkan oleh Kapolsek KP3 Bandara Sepinggan Kompol Nina Ike Herawati. Dikatakan Nina Setiap melaksanakan Operasi Calo dan Taksi Gelap, pihaknya hanya melakukan pendataan dan hanya memberi sangsi tertulis dan yang memuat pernyataan tidak lagi beroperasi di areal bandara. Termasuk juga ketika pihaknya menertibkan PKL kuliner dan jajanan yang menggunakan mobil dan memanfaatkan lahan parkir Bandara. Pihaknya tidak bisa bertindak tegas karena pedagang ini berjualan didalam area otoritas bandara yang memiliki peraturan tersendiri. Sementara keberadaan PKL ini menimbulkan kesan kumuh.
Nina juga berharap ada regulasi yang mengatur tentang sangsi berupa tindak pidana ringan atau tipiring bagi calo, taksi gelap dan PKL agar menumbuhkan efek jera. Sebab saat ini sangsi sebatas tertulis dan lisan pendataan terlebih dahulu. Pembinaan juga kita lakukan agar calo tidak lagi melakukan kegiatan di bandara.
“Belum ada sangsi tegas. Sekarang sebatas sangsi tertulis dan lisan pendataan terlebih dahulu. Mestinya ada seperti di Pelabuhan Semayang itu. Kan sama-sama dibawah Dirjen Perhubungan,” tegas Nina kepada wartawan pada Jumat (03/07).
Communication & Legal Section Head Bandara Internasional Sepinggan Awaluddin mengaku akan mempertimbangkan usulan untuk penegasan sansi Tipiring dalam bentuk Perda. Bahkan, menurutnya Bandara balikpapan bisa menjadi pilot project kawasan bandara yang menerapkan Tipiring yang mengacu pada Peraturan daerah.
“Penindakan sangsi belum bisa berlakukan, kita upayakan masih efek jera. Kita kalau bisa bandara ini jadi pilot project untuk Perda Tipiring calo dan taksi gelap. Saya dukung itu,” pungkasnya.
(Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini