Ribuan Proyek Pemkot Terbengkalai, DPRD Ambil Sikap

RESES ABDULLOH

suasana reses Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh, bertempat aula serba guna Perumahan Graha Indah pada Sabtu (01/11) sore. (dok. Imay)

Balikpapan (idcfm.net)—DPRD Kota Balikpapan mencatat sedikitnya 1000 proyek pemerintah kota periode 2009-2013 telah terbengkalai. Yang mana dari proyek tersebut telah melalui tahap Detail Engineering Desain (DED), namun pembangunan fisik belum dikerjakan karena keterbatasan anggaran.

ketua dprd balikpapan

Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh. (ist)

Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh menyebutkan, proyek pemerintah yang terbengkalai tersebut menembus angka Rp.4,2 T. Yang mana proyek tersebut antaralain  mencakup pembangunan infrastruktur jalan, drainase dan pemukiman. Anggota DPRD Balikpapan pun sepakat dan mensiasatinya dengan mengikis DED tersebut melalui program Rp.25 M untuk masing-masing Daerah Pemilihan (Dapil). Program RP.25 M ini akan diberikan secara bertahap hingga seluruh proyek tuntas dikerjakan.

Politisi Partai Golkar ini menuturkan, proyek pemerintah yang terbengkalai ini dinilai melanggar hukum, karena dibuat menggunakan dana APBD. Terkait hal itu, lanjut Abdulloh, pihaknya akan meminta persetujuan walikota atas kesepakatan DPRD untuk melakukan pengikisan agar DED tidak terlantar.

“Kami akan meminta walikota atas kesepakatan daripada anggota DPRD agar DED ini tidak terlantar. Kalau terlantar sudah melanggar hukum karena DED yang dibuat menggunakan dana APBD, uang rakyat. Jadi, telantarkan uang APBD dalam pembuatan itu artinya melanggar aturan,” tegasnya.

Abdullah menambahkan Jika kebijakan itu terealisasi maka seluruh proyek terbengkalai tersebut bisa rampung dalam kurun 5 tahun kedepan. Kebijakan ini juga mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 08 Tahun 2008 tentang penyusunan APBD dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kota Balikpapan. (Imay S)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini