Refly Harun: “Pemilih Rasional Masih Tipis Angkanya.”

ft debat

Refly Harun ketika menjadi moderator dalam debat publik Pilkada Kota Balikpapan 2015. (Imay/ IDC FM)

 

Balikpapan (idcfm.net)—Sebagai moderator dalam kegiatan debat publik calon kepala daerah kota Balikpapan gelaran KPU Kota Balikpapan pada Sabtu (05/12) sore, Refly Harun menilai masing-masing pasangan calon memiliki karakteristik yang berbeda. Tanpa menyebutkan nomor urut pria kelahiran 26 Januari 1970 ini menyatakan ada pasangan yang menjelaskan detail program-program mereka ketika terpilih dan ada juga pasangan calon yang hanya memberikan program secara umum.

Meski demikian, menurut Refly, kepiawaian para kandidat menjawab pertanyaan moderator dan panelis bukan menjadi patokan utama untuk meraih suara terbanyak. Melainkan bagaimana cara meraih simpatik publik agar mencoblos salahsatu nomor urut yang ada. Namun, kegiatan debat kandidat sendiri, kata Refly, bisa menjadi kesempatan untuk mencari pendukung yang menyaksikan proses debat dari awal hingga akhir acara.

“Meski debat ini belum signifikan pengaruhnya tetap tidak bisa dihilangkan. Karena diantara pemilih ada yang rasional dengan harus melihat dulu siapa saja calon-calon ini. Pemilih rasional masih tipis angkanya, namun harus kita mulai agar jadi pemilih yang berkualitas dan melahirkan pemimpin berkualitas pula,” terangnya kepada wartawan usai kegiatan debat di Hotel Platinum Balikpapan.

Sementara mengenai riuhnya para pendukung masing-masing pasangan calon yang berada diruang debat, menurut Refly masih dalam batas kewajaran. Meski dalam debat tersebut terlihat sejumlah pendukung tidak mengindahkan tanda dari moderator. Khususnya menyoraki kandidat lain ketika menyampaikan paparan.

“Pendukungnya bagus. Justru kalau terlalu teratur jadi kaku. Ga papa gaduh sedikit, ga ganggu kegiatan debat,” tambahnya. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini