Rapatkan Barisan di Mahakam Hulu

Balikpapan (idcfm.net)—Kodam VI/ Mulawarman ajukan tambahan 200 prajurit untuk menjaga wilayah perbatasan paling terluar di Kalimantan. Penambahan prajurit ini dalam rangka memperketat keamanan perbatasan. Kodam VI/ Mlw berencana menambah jumlah pos penjagaan yang dibarengi dengan penambahan personel.

“Ada yang terluar agak sedikit kita rapatkan. Contoh posko di Nunukan kita geser ke arah Kubar. Sehingga lebih merapat di daerah Mahakam hulu,” kata Panglima Kodam VI/ Mlw, Mayor Jenderal TNI Johny Lumban Tobing pada Jumat (09/09).

Kata Johny mengatakan selain menambah pos dan personel, dari aspek keamanan perlu ada pembenahan pos, baik berupa redisposisi maupun redislokasi. Peralatan penunjang berupa tempat tidur, fasilitas air dan listrik juga diangap perlu pembenahan.

“Ada beberapa pos yang hanya butuh perbaikan. Seperti di Lopong Bulan dan Long Latang itu hanya perbaikan dari sumber listrik. Disana daya solar cell nya hanya untuk dua jam, sehingga kami minta ganti baru. Semua bertahap,” ujarnya.

Saat ini Kodam VI/ Mlw mendirikan 35 pos di wilayah perbatasan dengan kekuatan personel sekitar 700 prajurit.saat ini prajurit terbanyak berada di Malinau. Adapun pengajuan 200 prajurit tersebut akan ditempatkan pada 10 pos tambahan.

“Tapi ini masih diajukan. Keputusan pimpinan apakah jadi ditambah atau tidak,” tambahnya.

Mayjen Johny juga mengatakan perlu ada percepatan infrastruktur di perbatasan. Karena sarana berupa jalan umum belum memadai, sehingga transportasi masih sulit ditemui. Akibatnya, kebutuhan ekonomi masyarakat cukup tinggi di perbatasan. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini