Puluhan Jenis Barang Kadaluarsa Disita Saat Razia Disperindagkop

20170608_111030

PENAJAM – Puluhan jenis barang kadaluarsa ditemukan dalam razia yang digelar Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Penajam Paser Utara, baru baru ini. Puluhan barang yang disita tersebut, terdiri dari berbagai jenis produk seperti susu formula, minuman kaleng hingga produk untuk bayi.

“Kemarin ada 37 jenis barang yang kita sita dari berbagai toko yang ada di Kecamatan Sepaku,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten PPU, Rusli Selasa (13/06). Selanjutnya, barang yang sitaan itu akan dimusnahkan.

Jumlah barang yang disita pun diperkirakan akan terus bertambah. Menurutnya, operasi yang digelar tidak hanya dilakukan di satu wilayah kecamatan tetapi di seluruh wilayah Kabupaten.

Ia menjelaskan, selama bulan ramadhan dan jelang indul fitri mendatang secara intensif pihaknya menggelar razia ke toko toko, pasar hingga minimarket untuk memastikan tidak ada barang tidak layak konsumsi dijual ke konsumen. Terlebih, momen hari besar seperti ramadhan dan jelang Idu Fitri cenderung dimanfaatkan oleh pedagang nakal untuk mengambil keuntungan dengan menjual barang yang sudah tidak layak konsumsi.

“Nah harapan kami, konsumen dapat lebih cerdas sebelum membeli barang dengan melihat masa kadaluarsanya, begitupun peedagang harus rajin rajin meretur barang yang hampir expired,” tutur Rusli.

Upaya untuk mengembalikan barang yang hampir habis masa berlakunya tersebut, menurut Rusli untuk mengantisipasi dampak kerugian yang dialami oleh masyarakat sebagai konsumen. Selain itu juga untuk menghindari kerugian dari pihak pedagang sendiri. Pedagang yang diketahui nekat menjaual barang kadaluarsa dapat diancam dengan undang undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. (Kominfo)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini