Proyek Jembatan Tol Teluk Balikpapan Masuk Tahap Sidang Amdal

20170510_021224
PENAJAM – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara memastikan, progres pembangunan jembatan teluk Balikpapan masih berjalan. Diperkirakan, usai sidang analisis dampak lingkungan (Amdal) berkas proyek jembatan, akan dibawa ke Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) untuk kemudian di lelang.

Proses administrasi pembangunan jembatan dengan nilai anggaran sebesar Rp 6 triliun tersebut, masih dalam kajian pemerintah pusat. Dijelaskan, PT. Waskita Karya sebagai investor, masih berupaya agar pembangunan jembatan dapat mulai dilakukan pada tahun ini. “Jembatan jalan aja terus, katanya (Waskita) tanggal 10 (Mei ini) akan sidang Amdal,” kata Bupati PPU, Yusran Aspar, Selasa (09/5).

Untuk lelang sendiri, Yusran menjelaskan, dilakukan usai sidang Amdal dan berkas administrasinya masuk di BPJT. “Ya belum tahu lagi, nanti tergantung Waskita karena secara teknis mereka yang tahu,” ungkapnya.

Sementara terkait dana penyertaan modal yang tidak masuk di dalam program legislasi daerah (prolegda) 2017, Yusran menyatakan, akan kembali memberikan keterangan ke pihak DPRD, jika hal tersebut diperlukan. Pasalnya, menurut Yusran, penyertaan modal jembatan sebagai syarat terbentuknya konsorsium sudah dibahas hampir 2 tahun lalu.

“Mereka kan punya instrument rapat dengar pendapat, kalo masih belum jelas ya kita jelaskan,” ujarnya.

Namun demikian, jika dana penyertaan modal tidak masuk dalam anggaran tahun ini, pihaknya masih memiliki opsi melalui aset Perusda. “Kalau Perusda jual tanahnya (untuk penyertaan modal), tidak usah melaui dewan,” tuturnya.
Dengan berjalanya proses administratif pembangunan jembatan tol teluk Balikpapan yang memasuki tahap akhir, groundbreakinig dilakukan dalam waktu dekat.

“Saya ngga bisa nargetkan, tapi menurut Waskita ya kisaran Agustus, kalau semua ini lancar,” pungkasnya. (Kominfo)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini