Proyek 10 Bendali Balikpapan Terancam Gagal

TARABalikpapan- Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan memperkirakan pembangunan 10 bendungan pengedali untuk mencegah banjir di tahun ini terancam gagal.

Hal tersebut akibat belum adanya kepastian bantuan pemerintah pusat untuk penanganan daerah rawan banjir di Balikpapan karena APBD kota di tahun ini juga tidak mampu memberikan anggaran untuk proyek pengendalian banjir.

Kepada IDCFM.net, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan, Tara Alorante mengatakan bahwa saat ini pihaknya baru memiliki 3 bendungan pengedali banjir yakni 2 titik di daerah Balikpapan Dua dan 1 titik di kawasan Kampung Timur.

Ketiga titik ini lanjut Tara belum mampu mengatasi banjir yang terjadi saat curah hujan tinggi terutama untuk wilayah kelurahan damai yang menjadi daerah langganan banjir. Sebab normalisasi terhadap daerah aliran sungai ampal yang menjadi titik utama penanganan banjir hingga kini belum juga terselesaikan pembebasan lahannya.

“Normalisasi sungai ampal menjadi titik utamanya,” jelas Tara. Karena sungai tersebut merupakan saluran primer yang mengalami penyempitan akibat aktifitas pemukiman warga selama ini.

Ia menambahkan, pembebasan tanah masih menjadi kendala utama dalam kegiatan pengendalian banjir di Balikpapan sehingga pembuatan rencana kerja untuk kegiatan tersebut juga tertunda hingga tahun ini. (zha)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini