Printer Rusak, Disdukcapil Cetak Dokumen Kependudukan Hitam Putih

20170610_120710 PENAJAM – Kerusakan alat pencetakan (Printer) yang terjadi dalam sepekan terakhir, mengganggu pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Dari enam unit printer yang ada, hanya tersisa satu unit alat yang bisa digunakan. Selain mengganggu sistem pelayanan, rusaknya printer juga membuat Disdukcapil menerbitan surat keterangan pindah domisili menjadi tidak berwarna alias hitam putih.

“Alat kami yaitu printer dan komputer banyak yang sudah usang, terakhir pengadaan tahun 2012, dan sampai sekarang belum ada pengadaan,” ungkap Suyanto, Kepala Disdukcapil PPU, Jumat (09/06). Lamanya penggunaan alat tanpa ada penggantian tersebut, membuat kondisi alat mulai rusak dan hingga kini belum pernah diperbarui.

Printer sendiri digunakan untuk mencetak sejumlah dokumen kependudukan, seperti akta kelahiran, akta kematian, dan surat pindah domisili. “Ini sudah waktunya ganti, tapi hanya bisa tambal sulam. Bahkan beberapa printer harus di kanibal agar bisa berfungsi, sudah rusak parah dan ngga bisa diperbaiki, dan itu harus kita afkirkan, kalau tidak ya akan terganggu pelayanan ” tambahnya.

Ia menjelaskan, minimnya plafon anggaran di tahun 2017 ini mengakibatkan pihaknya tidak dapat mampu membeli alat baru. Pasalnya, dari Rp 1 miliar anggaran di Disduk, lebih dari 50 persen atau Rp 665 juta untuk membayar gaji honorer. Sedangkan anggaran perbaikan hanya dapat dialokasikan sebesar Rp 10 juta saja.

“Kami hanya butuh enam unit printer, dan satu printer harganya sekitar enam juta saja, kalau begini terus ya jelas mengganggu kinerja pelayanan,” tuturnya.

Dengan rusaknya printer tersebut, mengakibatkan dokumen seperti surat pindah domisili tidak dapat dicetak warna alias hitam putih. Meski tidak berpengaruh dari sisi legalitas, namun hal itu terkesan tidak wajar. Mengingat, foto dan logo pemerintah daerahnya tidak memiliki warna. (Kominfo)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini